Senin, 17 Desember 2012

‘Aplikasi Pengintai’ Akan Dilarang di AS

Komite Senat AS menyetujui perlunya pembatasan fasilitas pencari lokasi di telepon genggam yang selama ini diperjuangkan oleh seorang politisi.
Peraturan yang dinamakan UU Perlindungan Privasi Lokasi (LPPA) itu akan mewajibkan perusahaan untuk mendapat izin pelanggan sebelum mengumpulkan data lokasi atau membaginya dengan pihak ketiga.
Selain itu peraturan tersebut juga menjadikan mengumpulkan atau berbagi data lokasi tanpa persetujuan pemilik sebagai tindak kejahatan.
Namun hal ini tidak berlaku untuk orang tua yang ingin memantau telepon anaknya.
“Saya yakin Amerika memiliki hak fundamental untuk mengendalikan siapa yang dapat melacak lokasi mereka, dan apakah informasi itu dapat diberikan pada pihak ketiga,” kata Senator Franken pada blog teknologi The Hill.
“Tapi saat ini, perusahaan, ada yang sah dan ada pula yang tidak sah, mengumpulkan lokasi anda atau anak anda dan menjualnya pada perusahaan periklanan dan entah siapa lagi.”
Piranti mata-mata
Sejumlah aplikasi dipasarkan sebagai piranti lunak mata-mata. Aplikasi itu dapat merekam dan mengirimkan email atas semua aktivitas telepon pintar termasuk lokasi GPS pada pemilik piranti lunak tanpa sepengetahuan pemilik telepon.
Pengembang mengatakan produk itu didesain untuk melindungi anak-anak dan memungkinkan para majikan memantau perilaku staf mereka saat bekerja.
“Sangat meresahkan bahwa industri melihat peluang untuk mencetak profit dengan mendukung orang untuk mengendalikan dan mengancam individu lainnya,” kata Karen Jarmoc, direktur eksekutif Connecticut Coalition Against Domestic Violence pada AP.
Di bawah proposal Senator Franken, aplikasi seperti ini akan menjadi ilegal tanpa persetujuan penuh dan terbuka dari pemilik telepon.
Namun David LeDuc, direktur senior kebijakan publik di Software & Information Industry Association yakin bahwa ‘peraturan’ wajib pengumpulan data akan lebih menguntungkan bagi sektor itu dibandingkan dengan legislasi baru.
Sumber: http://tekno.kompas.com/read/xml/2012/12/16/17345258/Aplikasi.Pengintai.Akan.Dilarang.di.AS

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA