Senin, 15 Oktober 2012

Wozniak: iPhone 5 Tunjukkan Arogansi Apple

Associateed Press
Steve Wozniak, tampak sedang memegang iPhone versi warna putih dan hitam. Wozniak turut andil mendirikan Apple bersama Steve Jobs.
KOMPAS.com Dalam sebuah wawancara dengan situs teknologi TechCentral, Steve Wozniak menuduh Apple telah berlaku arogan lewat iPhone 5.

Sebabnya, menurut Wozniak, perusahaan yang didirikannya itu tidak mau mengikuti keinginan konsumen dan bersikukuh bahwa ukuran layar iPhone 5 sebesar 4 inci sudah sesuai untuk semua orang.

"Tak semua pengguna menginginkan hal yang sama. Banyak orang benar-benar menyukai ukuran layar yang lebar," ujar Wozniak, seperti dikutip Business Insider dari TechCentral.

Dia menyesalkan pemikiran Apple yang menganggap diri sebagai satu-satunya pihak yang memiliki "formula yang tepat" soal ukuran layar. "Saya berharap Apple membuat dua versi iPhone 5 dengan ukuran layar yang berbeda."

Smartphone iPhone 5 dari Apple memiliki ukuran layar yang lebih tinggi dari pendahulunya, iPhone 4S, sehingga bisa memuat satu baris ikon lebih banyak. Akan tetapi, peningkatan ukuran layar ini hanya diterapkan pada satu sisi (panjang), sementara lebar iPhone 5 tetap sama dengan iPhone 4S.

Smartphone
ini pun tampak lebih tinggi dari iPhone 4S, tetapi dengan lebar yang sama.

Selain itu, ukuran diagonal layar iPhone 5 yang sebesar 4 inci masih lebih kecil dibandingkan ponsel-ponsel Android unggulan, seperti Samsung Galaxy S III yang ukuran display-nya mencapai 4,8 inci.

Apple mengemukakan alasan bahwa lebar iPhone 5 tetap sama dengan pendahulunya untuk memungkinkan pengguna menyentuh semua interface di layar dengan menggunakan ibu jari dari satu tangan saja.

Akan tetapi, hal ini dipandang Wozniak semata-mata sebagai tindakan defensif karena para pesaing Apple sudah beralih ke layar besar. "Saya tak melihat ada orang yang kesulitan memakai layar yang lebih besar," ujar Wozniak.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA