Senin, 15 Oktober 2012

Toko Aplikasi Windows 8 Tak Mau Pasang Game "Dewasa"


KOMPAS.com - Judul-judul game dengan konten yang tak sesuai untuk anak-anak tidak akan bisa dibeli lewat toko aplikasi Windows 8 Marketplace.

Hal tersebut tercantum dalam seksi 6.2 dalam panduan Windows App yang menyatakan bahwa aplikasi-aplikasi yang memiliki rating melebihi ESRB MATURE, PEGI 16, atau rating lain yang setara tidak boleh dijual melalui toko aplikasi Windows 8 itu.

Microsoft juga menyebutkan bahwa aplikasi tidak boleh bersifat "mengglamorkan aktivitas ilegal", menampilkan "penggunaan alkohol atau tembakau secara tidak bertanggung jawab", atau "tindakan sewenang-wenang yang berlebihan".

Di Amerika Serikat, kebijakan Microsoft itu tidak akan berpengaruh ke sebagian besar judul game karena hanya sedikit  yang mendapat rating ESRB di atas "MATURE". Segelintir game yang memiliki peringkat ini antara lain Manhunt 2, Indigo Phropecy Director's Cut, serta Grand Theft Auto San Andreas.

Lain halnya dengan pasar di luar negeri Paman Sam, terutama Eropa yang memiliki aturan lebih ketat soal konten game. Di Benua Biru itu, sejumlah game populer telah diberikan rating PEGI 18 (di atas PEGI 16), termasuk The Elder Scrolls V: Skyrim, Call of Duty: Modern Warfare 3, Max Payne 3 dan Assassin’s Creed: Revelations.

Meski tidak tersedia di Windows 8 Marketplace, judul-judul game dan aplikasi yang dilarang tersbut tetap bisa diperoleh dari sumber lain dan di-install seperti biasa.

Sebelumnya, sistem operasi Windows 8 telah dikritik sebagai platform yang kurang bersahabat untuk game. Sejumlah developer, termasuk Valve dan Blizzard, menganggap langkah Microsoft menjadikan Windows 8 sebagai closed system seperti Mac OS X dan iOS akan berakibat buruk bagi industri game.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA