Senin, 15 Oktober 2012

iPod Touch Terbaru "Sulit Diservis"

Apple
Alat pemutar musik digital iPod Touch generasi kelima
KOMPAS.com - Di sela-sela peluncuran iPhone 5, pada 12 September yang lalu, Apple juga mengumumkan kehadiran generasi terbaru dari iPod Touch.

Beberapa minggu setelah kehadiran iPhone 5 di pasaran, iPod Touch generasi ke-lima ini akhirnya sudah tiba di Apple Store.

Seperti kebiasaan yang telah dilakukannya selama ini, iFixit, sebuah situs yang sering memberikan tips do-it-yourself (DIY) berbagai gadget, langsung membongkar perangkat iPod Touch terbaru ini.

Di dalam iPod Touch tersebut, terdapat RAM sebesar 512MB dari Hynix, prosesor Apple A5, dan NAND Flash dari Toshiba.

Apple mengklaim, prosesor A5 ini membuat performa dan kualitas grafis iPod Touch generasi lima lebih cepat 7 kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya. Prosesor tersebut merupakan prosesor yang sama dengan yang digunakan oleh iPhone 4S.
ipod-touch 5
(gambar: iFixit)
iFixit sendiri selalu memberikan penilaian mereka terhadap masalah repairablility (perbaikan) terhadap sebuah produk. iFixit memberikan angka yang sangat bagus pada iPhone 5. Menurut pendapat iFixit, iPhone 5 sangat mudah untuk diperbaiki.

Lain halnya dengan iPod Touch terbaru ini. iFixit hanya memberikan angka 3 dari 10 untuk masalah perbaikan tersebut. Semakin tinggi nilai yang diterima, maka produk tersebut akan semakin mudah untuk diperbaiki.

Menurut iFixit, iPod Touch tidak dilengkapi dengan sekrup, menyulitkan mereka untuk membuka perangkat ini. Apple merekatkan layar dengan casing iPod Touch ini menggunakan lem yang sangat kuat. Untuk itu, dibutuhkan Heat Gun agar lem sedikit meleleh, barulah perangkat ini bisa dibuka.

Selain itu, terdapat kabel yang terhubung ke logic board yang sangat sulit untuk diatur. Menurut iFixit, sulit untuk memindahkan kabel tersebut.

iPod Touch generasi ke-lima ini memungkinkan untuk diperbaiki apabila terjadi kerusakan komponen. Namun, cukup sulit untuk mengganti komponen tersebut. Biayanya pun akan cukup mahal.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA