Senin, 22 Oktober 2012

Trik Sederhana Agar Tidur Nyenyak

Susah tidur di malam hari bisa menyebabkan seseorang tidak dapat menikmati istirahat berkualitas. Bila berlangsung terus menerus, dapat berakibat fatal bagi kesehatan.
Jangan biarkan hal ini terjadi berlarut-larut. Perbaiki tidur Anda dengan menyimak trik-trik berikut ini.
Minum teh herbal: Konsumsi segelas teh herbal tanpa kafein yang dapat membantu merelaksasi tubuh dan pikiran Anda. Pilih teh yang memiliki kelebihan tersebut seperti chamomile, mint, atau valerian.
Baca buku: Luangkan sedikit waktu untuk membaca buku kesukaan anda, dimana hal ini dapat merelaksasikan diri anda dari hari yang sibuk.
Jauhkan handphone dan tablet: Lampu berwarna biru dari alat-alat elektronik dapat membuat pikiran Anda mengira hari sudah pagi. Oleh karena itu matikan dan jauhkan alat-alat elektronik yang dapat mengganggu tidur Anda. Kerjakan pekerjaan dan lain sebagainya setidaknya 30 menit sebelum tidur.
Konsumsi camilan sehat: Madu, kacang, dan semacamnya memiliki kesamaan, yaitu mengandung zat yang dapat membantu tidur anda.
Renggangkan tubuh: Perenggangan tubuh anda dapat mengurangi rasa sakit, namun juga dapat merelaksasikan tubuh anda untuk mencapai tidur yang nyenyak.
Meditasi: Jernihkan pikiran anda melalu meditasi agar dapat tidur nyenyak. Buku-buku mengenai meditasi untuk pemula banyak tersedia yang dapat membantu anda.
Hindari cahaya lampu: sembunyikan cahaya lampu kamar, lampu dari benda-benda elektronik dan sebagainya agar membantu Anda lebih cepat terlelap dan tidak mengganggu tidur Anda.
Mandi air hangat: Hal ini akan membantu melemaskan otot-otot tubuh dan secara tidak langsung tubuh akan rileks dan membantu tidur lebih nyenyak.
Rutin berolahraga: gunakan energi Anda untuk berolahraga pada sore hari sehingga saat malam hari tubuh akan merasa lelah dan dapat cepat tertidur.
Yoga: Yoga juga merupakan salah satu bentuk meditasi sekaligus olahraga yang membantu merelaksasi tubuh.
Hentikan konsumsi kopi: Katein memberikan efek yang berbeda-beda pada setiap orang. Hindari dan sebisa mungkin hentikan konsumsi kopi karena dapat mempengaruhi jam tidur Anda.
Sumber: http://life.viva.co.id/news/read/360736-trik-sederhana-agar-tidur-nyenyak

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA