Jumat, 05 Oktober 2012

Kosta Rika Larang Olah Raga Berburu

Kosta Rika siap menjadi negara pertama di Amerika Latin yang melarang berburu sebagai olah raga, setelah kongres, Selasa (2/10), menyetujui pembaruan dalam Hukum Pelestarian Margasatwa.
Dalam pemungutan suara, sebanyak 41 anggota parlemen mendukung dan lima menentang. Tetapi pemungutan suara putaran kedua dijadwalkan satu pekan lagi.
Pemungutan suara kedua tersebut dipandang banyak kalangan sebagai pengesahan perubahan peraturan itu, yang bertujuan melindungi hewan di salah satu negara dengan keragaman hayati paling kaya di dunia itu.
Taman nasional Kosta Rika menarik sebanyak 300.000 orang pengunjung setiap tahun, dan pariwisata adalah sumber utama ekonomi negeri tersebut.
“Kami bukan hanya berharap bisa menyelamatkan hewan, tapi kami berharap menyelamatkan ekonomi negara, sebab jika kami menghancurkan margasatwa, wisatawan takkan datang lagi ke sini,” kata pegiat lingkungan hidup Diego Marin, kepada radio setempat.
Macan kumbang, puma, dan kura-kura laut termasuk di antara spesies paling menarik dan berharga di negeri tersebut, dan seringkali diburu atau dicuri sebagai hadiah.
Larangan itu tak berlaku bagi beberapa kelompok suku asli, yang berburu untuk bertahan hidup, atau penelitian ilmiah.
Sebanyak lima persen produk domestik kotor Kosta Rika, yang terkenal karena pantai berpasir, hutan hujan tropis dan tempat pelancongannya yang indah, berasal dari pariwisata –yang menghasilkan 1,2 miliar dolar AS per tahun.
Sumber: http://internasional.kompas.com/read/2012/10/03/15300972/Kosta.Rika.Larang.Olah.Raga.Berburu

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA