Selasa, 18 September 2012

Sehat Berkat Sarapan Telur

Telur menjadi makanan favorit sebagian orang karena kaya akan gizi.

Fakta ini juga didukung berbagai penelitian lainnya yang menunjukkan sarapan dengan telur memberikan sejuta manfaat bagi kesehatan Anda.
Sumber energi. Telur rebus bisa menjadi pilihan untuk sarapan, terutama bagi Anda yang buru-buru atau sedang diet. Kuning telur dianggap efektif meningkatkan energi tubuh.
Meningkatkan stamina. Protein dalam putih telur, atau disebut albumin, diyakini efektif membantu tubuh menyerap protein untuk membangun otot.
Melindungi mata. Dua antioksidan, lutein dan zeaxanthin, dalam zat pigmen kuning telur membantu mencegah degerasi makula (penurunan ketajaman penglihatan) akibat penuaan. Keduanya juga melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar UV.
Menurunkan berat badan. Sarapan dengan telur malah membantu Anda menurunkan berat badan. Protein yang terkandung didalamnya bekerja sebagai penekan rasa lapar alami.
Meningkatkan konsentrasi. Protein pada telur bisa membantu meningkatkan kadar dopamin. Inilah yang membantu meningkatkan konsentrasi dan membuat Anda tetap waspada.
Perlambat penuaan otak. Kandungan kolin pada telur membantu perkembangan memori dan fungsi kognitif, serta membantu mengasah memori atau daya ingat otak lebih tajam dan mencegah demensia.
Bikin kenyang. Memilih sarapan dengan dua butir telur di pagi hari membantu Anda merasa kenyang lebih lama daripada sarapan sereal atau roti panggang. Sehingga, sarapan telur bisa membantu menghentikan kebiasaan ngemil Anda diantara waktu makan.
Tidak memperburuk kolesterol. Memang benar bahwa telur mengandung sejumlah kolesterol. Namun, kolesterol dalam telur tidak akan berdampak pada kadar kolesterol darah Anda. Jadi, tetap aman dikonsumsi, karena tidak meningkatkan risiko penyakit jantung.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA