Rabu, 05 September 2012

Cegah Pencurian, Bank Pasang ATM di Markas Polisi

Bank-bank di Jaipur, India memiliki cara jitu untuk mencegah pencurian mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Mereka memasang atm-atm tersebut di dalam markas kepolisian.
ATM Bank of Baroda di kantor polisi (Foto: BBC)Bank milik pemerintah Bank of Baroda, menjadi bank pertama yang memasang mesin ATM tersebut di dalam markas polisi Kotwali di utara Jaipur. Polisi pun turut mendapatkan keuntungan dari penyediaan ATM di dalam markas mereka.
Polisi Jaipur pun menyewakan ruang atm itu dengan harga 20 ribu rupee atau sekira Rp3,4 juta (Rp171.6 per rupee) tiap bulannya. Sementara Jaipur dikabarkan memiliki 59 markas kepolisian yang tentunya bisa menjadikan ini sebagai penghasilan tambahan.
Perampok biasa menargetkan atm yang tidak dijaga sebagai target perampokan mereka. Bahkan tidak jarang, para perampok itu turut melarikan mesin atm tersebut.
Sadar sudah terlalu sering terjadi perampok ATM yang mereka miliki, Bank of Baroda mengatakan, pihaknya tidak akan lagi mengerahkan pihak keamanan di sekitar ATM. Tentunya dengan lokasi mesin yang berada di kantor polisi, membuat para perampok berpikiri dua kali untuk merampok mesin ATM.
“Skema ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Kerja sama ini akan membuat ATM lebih aman dan kami mendapatkan penghasilan tambahan dengan uang sewa,” ujar Komisaris Polisi Jaipur BL Soni, seperti dikutip BBC, Selasa (4/9/2012).
Soni menambahkan, pihaknya sudah mendapatkan kesepakatan dengan pemerintah dan bank-bank swasta lainnya untuk memasang ATM di kantor mereka.
Sumber: http://international.okezone.com/read/2012/09/04/413/684931/cegah-pencurian-bank-pasang-atm-di-markas-polisi

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA