Selasa, 26 Juni 2012

Alasan Surface Sulit Singkirkan iPad

Beberapa informasi tentang spesifikasi dan harga tablet baru racikan Microsoft, Surface, mulai muncul ke permukaan. Sayangnya informasi itu dianggap bukan berita bagus.

foto
Laporan Bloomberg mengungkap bahwa Surface hanya akan dilengkapi konektivitas WiFi untuk terhubung dengan internet, tanpa dukungan 3G HSDPA atau 4G LTE (Long Term Evolution). Belum ada komentar dari Microsoft soal itu.
Sementara The NextWeb melaporkan dari sumber lain bahwa Microsoft akan membanderol versi bawah tablet Windows RT seharga US$599 atau 5 jutaan.
Tanpa fasilitas 3G HSDPA atau 4G LTE mengakibatkan Surface hanya setara dengan tablet kelas bawah seperti Kindle Fire (seharga $200). Sementara Microsoft menempatkan Surface setara iPad (seharga $629) yang memiliki koneksi 4G LTE. Belum lagi masalah daya tahan baterai yang tidak sehandal iPad.
Microsoft jelas-jelas tidak akan memenangkan perang di kelas atas dan juga tidak mungkin bertempur di kelas bawah.
Selain dua alasan itu, hal lain yang menjadi hambatan Microsoft untuk mengalahkan iPad adalah landasan berpikir yang dinilai tidak tepat. Microsoft memberikan alasan bahwa perangkat iPad tidaklah cukup bagi pengguna.
Microsoft menganggap Surface dapat menjalankan fungsi tablet dan laptop yang dibutuhkan konsumen. Padahal, konsumen dinilai sudah cukup nyaman dengan iPad sebagai alat tambahan, dan tidak ingin menggantikannya dengan laptop. Hasrat menyatukan dua fungsi dalam satu alat dinilai tidak akan berhasil.
Jika Microsoft gagal menjual tablet, hal itu tidak akan mendorong mitra-mitranya yang sedang kesal untuk mengembangkan versi tablet Windows. Akibatnya Apple akan melenggang sendirian di pasar. Hal ini akan menjadi masalah besar bagi Microsoft.
Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, Microsoft meluncurkan komputer tablet Surface, Senin, 18 Juni 2012, waktu Los Angeles, Amerika Serikat. Pada tablet berlayar sentuh selebar 10,6 inci itu, perusahaan peranti lunak asal Redmond tersebut menggunakan bahan pelapis magnesium yang mereka sebut VaporMg.
Ciri khas tablet ini terletak pada lipatan magnetis setebal 3 milimeter yang berfungsi sebagai keyboard full touch screen. Ada pula pilihan cover setebal 5 milimeter yang dilengkapi built-in track pad.
Tablet Surface tersedia dalam dua model. Pertama yang menggunakan sistem operasi Windows RT dan satu lagi memakai OS Windows 8. Windows RT merupakan versi “ringan” dari Windows 8 karena tidak memiliki fitur desktop selengkap yang ada di Windows 8. Selain itu, Windows RT berjalan dengan CPU ARM.
Di lain pihak, Surface yang berplatform Windows 8 diberi nama Surface Pro. Tablet ini akan tampil tiga bulan ke depan. Surface Pro menjalankan versi operating system Windows 8 pada CPU Intel Ivy Bridge, cip yang sama pada ultrabooks dan laptop lainnya. Tablet ini juga memiliki desain sedikit lebih tebal, tetapi dengan daya tahan baterai yang diklaim lebih kuat.
Spesifikasi Surface Pro dan RT
OS: Windows 8 atau Windows RT
Prosesor: Intel atau ARM
Storage: 64 dan 128 GB serta 32 dan 64 GB
Display: 10,6 inci (ClearType HD Display)
Tebal: 13.5 mm dan 9,3 mm
Berat: 903 gram dan 676 gram
Baterai: 42 dan 31,5 watt jam
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2012/06/26/072412897

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA