Selasa, 26 Juni 2012

Ilmuwan Temukan “Jejak” Dinosaurus di Pegunungan Alaska

Ilmuwan bernama Tony Fiorillo telah menjelajahi pegunungan Alaska. Ia mengklaim menemukan jalur dari dua hewan purbakala, dinosaurus, di wilayah dekat pemukiman Chisana, tepatnya di Wrangell Mountains.
detail beritaDilansir Adn, Selasa (26/6/2012), Fiorillo merupakan “pemburu” dinosaurus dari Museum of Nature and Science, Dallas. Baru-baru ini ia menulis mengenai jejak kaki hewan purba pemakan tumbuhan bertubuh besar dan hewan purba pemakan daging yang bertubuh kecil, dalam jurnal ilmu pengetahuan, Cretaceous Research.
Terbitan terakhirnya mengungkapkan tentang perjalanan Fiorillo di Wrangells pada 2008. Ketika itu ia bersama tim peneliti, termasuk Thomas Adams dari San Antonio College, Yoshitsugu Kobayashi dari Hokkaido University serta Linda Stromquist dari National Park Service.
Ia menceritakan, pada saat itu ia mengambil sebuah batu seukuran piring kecil dan mengangkatnya di bawah terik sinar matahari. Dia mengklaim melihat bentuk jejak kaki dinosaurus dengan tiga buah ujung jari kaki yang tertampil di tanah tersebut. Fiorillo melihat adanya tekanan ke dalam tanah yang pernah ditapaki oleh makhluk besar dan kuat sekira 70 juta tahun lalu.
Lalu, di dekat jejak yang ia temukan tersebut, ia melihat jejak lainnya, yakni jalur dari dinosaurus pemakan daging. Penemuannya tersebut merupakan catatan pertama mengenai jejak hewan purba yang ditemukan di pegunungan Wrangell.
“Itu adalah tahun di mana tidak ada musim panas,” Fiorillo mengingatnya, ketika itu tengah musim dingin di 2008. “Selama 12 hari di Wrangells, kami melewati cuaca yang luar biasa. Itu merupakan pengalaman lapangan yang paling indah yang pernah saya lalui,” tuturnya.
Fiorillo mengatakan bahwa dua dinosaurus Wrangells itu, yang paling besar merupakan hadrosaur. Hadrosaur adalah dinosaurus herbivora yang pernah ada di zaman Cretaceous (kapur). Fiorillo menggambarkan Hadrosaur dengan tubuh lebih tinggi ketimbang laki-laki dewasa dan memiliki berat seperti sebuah mobil.
Sementara, dinosaurus yang bertubuh lebih kecil yakni therapod. “Hewan ini berlari dengan dua kaki, memiliki panjang sekira enam kaki dari moncong hingga ekornya. (Therapod) ini juga memiliki gigi runcing kecil dan cakar yang tajam,” pungkas Fiorillo.
Sumber: http://techno.okezone.com/read/2012/06/25/56/653514/ilmuwan-temukan-jejak-dinosaurus-di-pegunungan-alaska

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA