Selasa, 26 Juni 2012

Burung Bisa Kenali Wajah dan Suara Seseorang

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa burung mungkin tahu siapa teman-teman manusia mereka, karena mereka mampu mengenali wajah dan suara manusia. Mampu mengidentifikasi teman atau musuh potensial menjadi salah satu kunci kemampuan burung untuk bertahan hidup.

foto
Ahli perilaku binatang dari Universitas Lincoln di Inggris dan Universitas Wina meneliti merpati dan gagak dalam dua studi terpisah.
Penelitian yang dipublikasikan dalam Avian Biology Research menunjukkan bahwa burung merpati dipercaya bisa membedakan antara manusia yang diakrabinya dan yang asing. Binatang ini juga menggunakan fitur wajah untuk mengenali orang-orang yang berbeda.
Tim ini melatih sekelompok merpati mengenali perbedaan foto objek yang akrab dan asing. Merpati, bersama dengan kelompok kontrol, kemudian ditunjukkan foto-foto dari wajah manusia. Satu wajah adalah dari seseorang yang akrab dengan mereka sementara yang lainnya adalah seseorang yang mereka tidak pernah lihat sebelumnya.
Burung-burung kelompok eksperimen mampu mengenali dan mengklasifikasikan orang-orang yang akrab dengan mereka dengan hanya menggunakan wajah mereka. Sedangkan burung tanpa pelatihan sebelumnya gagal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa merpati dapat membedakan antarorang hanya menggunakan karakteristik wajah.
Sebaliknya adalah burung gagak, yang mengenali seseorang berdasarkan suara. Dalam studi terpisah yang diterbitkan dalam jurnal Animal Cognition, tim menyelidiki kemampuan gagak untuk membedakan antara suara dan panggilan manusia yang akrab dan asing dan individu heterospesifik yang berada di luar spesies mereka sendiri. Penelitian sebelumnya telah difokuskan pada kemampuan gagak ”untuk mengenali dan berkomunikasi dengan spesies mereka sendiri”.
Burung-burung gagak menanggapi secara signifikan lebih sering untuk sosok yang asing dari suara manusia, dan sebaliknya, menanggapi lebih familiar panggilan gagak asing. Menurut tim peneliti, hasil penelitian memberikan bukti pertama bahwa burung dapat membedakan antara individu heterospesifik yang akrab dan terbiasa dengan mereka dengan menggunakan rangsangan pendengaran.
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2012/06/25/095412872/Burung-Bisa-Kenali-Wajah-dan-Suara-Seseorang

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA