Rabu, 24 April 2013

UN Tahun Ini Termahal Sepanjang Sejarah

 UN Tahun Ini Termahal Sepanjang Sejarah
Ujian Nasional (UN) tahun 2013 merupakan ujian termahal sepanjang sejarah pelaksanaan ujian untuk tingkat SMA, SMP dan SD. Pasalnya, semua naskah UN harus dikirim ke seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

"UN tahun ini merupapkan UN termahal, karena naskahnya harus dikirim ke kabupaten/kota," kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Musliar Kasim usai meninjau pelaksanaan ujian tingkat SMA di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa, 23 April 2013.

Pengadaan naskah (UN), menurut dia, seharusnya bisa diadakan di setiap provinsi, untuk menghindari keterlambatan penyalurannya agar tidak terjadi penundaan pelaksanaan. Hal itu bisa dilakukan, menurut dia, sepanjang tender lelang pengadaan naskah UN diatur sendiri, dan menyimpang dari aturan pelelangan online yang sedang berlaku. "Jika itu dilakukan, maka akan menyimpang dari aturan pelelangan yang berlaku," katanya.

Pengadaan naskah UN saat ini, katanya, mengikuti regulasi dan sistem pelelangan secara online yang berlaku di negara ini, sehingga kemungkinan untuk dicetak di daerah masing-masing sangat sulit.

Sementara itu, Wali Kota Kupang, Jonas Salean mengatakan, pemerintah pusat seharusnya bisa memberikan kebijakan kepada setiap Gubernur untuk melakukan pencetakan naskah UN di masing-masing daerah. "Jika cetak di daerah masing-masing, saya jamin penyaluran tidak akan terhambat dan tidak terjadi penundaan pelaksanaan UN," katanya

SUMBER : http://id.berita.yahoo.com/un-tahun-ini-termahal-sepanjang-sejarah-131425175.html

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA