Minggu, 18 November 2012

Ini Tips Dahlan Iskan Agar Indonesia Jadi Bangsa Mandiri

Jakarta - Menteri BUMN Dahlan Iskan menyampaikan pesan, untuk menjadi bangsa yang mandiri dan bisa sejajar dengan negara maju lain, diperlukan keberanian dalam mensinergikan potensi Sumber Daya Manusia (SDM), modal dan keterampilan.

Hal ini disampaikan Dahlan saat membuka Temu Ilmiah Mahasiswa Teknik Indonesia di Anjong Mon Mata Kompleks Pendopo Gubernur Aceh, Minggu (18/11/2012).

"Kenapa Kita sangat tergantung ke luar negeri? Sebagai contoh, misalnya pabrik gula. Tangganya pun harus dari luar (impor)??" ucap Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halim yang menirukan ucapan Dahlan.

"Karena saat itu kita kurang SDM, kurang modal, dan kurang skill. Namun sekarang sangat berbeda. Modal ada. SDM ada. Skill banyak. Namun kok masih juga tergantung? Berarti disini perlu perubahan atau keberanian kita untuk mensinergikan potensi yang ada untuk dikelola menjadi sumber kebangkitan Indonesia," tutur Dahlan.

Tips yang disampaikan ini, jangan hanya retorika. Dahlan mengajak Mahasiswa untuk memulai keberanian itu. "Dimulai dari sekarang. Jangan ditunda-tunda lagi. Tentang apa saja yang kita sudah lakukan, sehingga secara perlahan dan pasti, kita suatu saat akan tegak dan jadi bangsa yang mandiri," tegasnya.

Bos Jawa Pos Grup ini juga berpesan agar Mahasiswa teknik menghindari politik. Lebih baik jadi seorang pemuda fokus pada bidangnya masing-masing.

"(Dengan) Fokus pada bidangnya, sehingga akan menjadi ahli-ahli teknik yang dibutuhkan bangsa ini," kata Dahlan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA