Minggu, 18 November 2012

Duh! Ibu Rumah Tangga Ramai-ramai Selundupkan iPhone

China - China memang terkenal sangat ketat untuk urusan gadget elektronik yang diperbolehkan masuk secara resmi ke Negeri Tirai Bambu itu. Bahkan, untuk mengakalinya, sebuah toko online sampai merekrut ibu rumah tangga untuk menyelundupkan berbagai gadget Apple.

Menurut Reuters, sekitar 26 supplier dari toko online iPhone terbesar di China, Lanyou Shuma.com, telah diseret ke meja hijau atas laporan penyelundupan iPhone dan iPad tidak resmi.

Diperkirakan, para supplier tersebut telah menyelundupkan lebih dari 162 ribu unit iPhone dan iPad dengan total nilai 500 juta yuan atau setara dengan USD 80 juta. Mereka sebagian besar memasukkannya dari Hong Kong dan telah beroperasi dalam dua tahun terakhir.

'Menariknya', setengah dari supplier tersebut merupakan ibu rumah tangga yang dilaporkan cukup sering bolak balik ke Hong Kong. Mereka mendapat bayaran sekitar 20-30 yuan dari setiap perangkat yang berhasil diselundupkan.

China memang terbilang cukup 'kejam' terhadap produk asing. Bahkan, gadget mewah macam iPhone dan iPad dibebankan pajak impor yang tinggi agar bisa dijual secara resmi di Negeri Tirai Bambu.

Alhasil, banyak warga China yang lebih memilih belanja ke Hong Kong untuk menghindari tingginya pajak. Terlebih, Hong Kong berlokasi sangat dekat alias tetanggaan dengan salah satu kota besar di China, yakni Shenzhen.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA