Jumat, 09 November 2012

Aroma Ini Bisa ‘Menyihir’ Orang Jadi Lebih Ramah

Ada kenalan yang sikapnya selalu sinis? Coba ajak ke toko roti dan biarkan dia menghirup dalam-dalam aroma roti yang baru matang. Sikapnya bisa jadi lebih hangat dan ramah.
Ternyata, menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Southern Brittany di Prancis, aroma roti memiliki kekuatan untuk membuat seseorang jadi lebih ramah. Itu karena, aroma nikmat dari roti yang baru matang bisa membuat perasaan jadi lebih baik.
Hal ini berdampak pada sikap yang lebih baik dan ramah, terutama pada orang asing. Beberapa penelitian memang menunjukan hubungan erat antara aroma tertentu dengan suasana hati yang lebih baik.
Peneliti melakukan eksperimen pada beberapa orang asing yang mencium aroma roti yang baru dipanggang. Hasilnya, dibandingkan yang tidak mencium aroma roti, mereka lebih ramah dan lebih ingin membantu.
“Bantuan spontan lebih sering dilakukan di area di mana terdapat aroma yang menyenangkan menyebar. Penelitian ini menegaskan kalau aroma makanan berdampak pada kondisi perasaan dan sikap seseorang,” kata salah satu peneliti, dikutip dari Daily Mail.
Para peneliti juga mengasumsikan bahwa aroma menyenangkan lainnya juga akan memicu perasaan yang lebih baik. Efeknya, berupa sikap yang lebih ramah dan ingin membantu.
Sumber: http://life.viva.co.id/news/read/364972-aroma-ini-bisa–menyihir–orang-jadi-lebih-ramah

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA