Jumat, 09 November 2012

4 Makanan Potensial Penyebab Keracunan

Kekebalan tubuh pada setiap orang, jelas berbeda. Demikian juga dengan sensitivitas tubuh terhadap makanan. Banyak individu yang tidak dapat menerima jenis makanan tertentu. Bahkan keracunan. Rasa sakit pada bagian kepala, atau sakit perut yang disertai diare hingga muntah, merupakan gelaja yang ditimbulkan ketika seseorang keracunan makanan.
Umumnya keracunan disebabkan karena makanan yang terkontaminasi oleh bakteri, parasit dan virus. Untuk menghidari agar tubuh tak “termakan” oleh zat beracun, sebaiknya Anda mengetahui beberapa makanan yang berpotensi menyebabkan keracunan seperti dilansir dalam Times of India :
Telur
Pada dasarnya tidak semua telur dapat menyebabkan keracunan. Akan tetapi, terkadang telur dapat terkontaminasi oleh bakteri Salmonella. Ini merupakan bakteri yang biasa hinggap pada daging unggas, telur, dan susu.
Jika mengkonsumsi telur dalam keadaan mentah dan telah terinfeksi bakteri ini, kemungkinan keracunan pada tubuh akan parah. Untuk menghindarinya, pastikan kebersihan kulit telur, sebelum Anda menyimpannya di kulkas.
Tuna
Tak hanya daging saja, ternyata ikan tuna juga dapat terkontaminasi oleh bakteri Scombrotoxin yang dapat menyebabkan kram dan sakit kepala. Oleh karena itu, pastikan bahwa tuna disimpan yang tepat, seperti dalam freezer atau di lemari pendingin dengan suhu tinggi.
Saat ikan ditangkap, jika tidak segera di simpan di tempat yang tepat, jenis tuna dapat mengeluarkan suhu panas, kemudian melepaskan racun yang sulit dibunuh walaupun ikan telah dimasak.
Tiram
Bersarangnya racun pada tiram sangat tergantung dari tempat berkembang biaknya. Jika Anda membeli kerang atau tiram, pastikan mereka berasal dari pertanian yang menggunakan perairan bersih. Air yang tercemar, sangat berpotensi menyebarkan bakteri dan parasit pada kerang-kerang ini.
Keju
Bahan dasar pembuatan keju, salah satunya adalah susu. Oleh karena itu, keju dapat dengan mudah terkontaminasi oleh bakteri seperti Listeria Salmonellaor. Hal yang paling buruk dari kontaminasi ini, jika dikonsumsi oleh wanita hamil, maka dampaknya dapat menyebabkan keguguran. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda membeli makanan olahan seperti keju di tempat yang dapat dipercaya.
Sumber: http://life.viva.co.id/news/read/365446-4-makanan-potensial-penyebab-keracunan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA