Jumat, 19 Oktober 2012

Sepatu Mantan Ratu Perancis Terjual Rp 482 Juta

Sepasang sepatu milik Ratu Marie Antoinette, istri Raja Perancis Louis XVI yang dihukum pancung pada 16 Oktober 1793, dilelang di rumah lelang Drout, Paris. Sepasang sepatu itu terjual dengan harga 50.000 euro atau sekitar Rp 482 juta.
Padahal, saat lelang dimulai, rumah lelang Drout hanya berharap sepasang sepatu dari sutra berwarna merah muda itu akan terjual dengan harga 10.000 euro.
Benda-benda kuno lain yang juga merupakan peninggalan dari keluarga monarki Perancis itu antara lain lukisan dan satu set perlengkapan makan milik Louis XVI.
Selain itu, ikut dilelang, sebuah gaun sutra milik sang ratu yang dikenakannya sebelum ditangkap dan akhirnya dihukum mati kaum revolusioner Perancis.
“Terus terang ini adalah benda-benda yang sangat langka milik sang ratu, terutama gaun dan benda-benda pribadi lainnya,” kata pakar benda kuno, Cyrille Boulay.
“Saya sudah meneliti artefak bersejarah selama 20 tahun, dan inilah kali kedua saya menemukan sepasang sepatu yang dilelang,” tambah Boulay.
Karena jarang muncul, lanjut Boulay, kemunculan sepatu milik ratu Perancis itu menarik perhatian peminat dari seluruh dunia.
Wartawan BBC di Paris, David Chazan, melaporkan bahwa pemenang lelang adalah penawar lewat telepon yang identitasnya belum diungkapkan.
Raja Perancis Louis XVI menikahi Marie Antoinette, putri Kaisar Austria, pada 1770. Selama keduanya menikah, mereka mengumpulkan banyak benda seni dan perabotan berharga lainnya.
Kegemaran Marie Antoinette membeli barang-barang mahal membuat keuangan kerajaan Perancis jebol. Itulah sebabnya sang ratu mendapatkan julukan “Nyonya Defisit”.
Saat Revolusi Perancis pecah, Marie Antoinette didakwa mengkhianati negara dan dijatuhi hukuman mati pada 16 Oktober 1793.
Sumber: http://internasional.kompas.com/read/2012/10/18/14513438/Sepatu.Mantan.Ratu.Perancis.Terjual.Rp.482.Juta

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA