Kamis, 11 Oktober 2012

Seniman Kazakhstan Incar Rekor Lukisan Terbesar

Seorang pelukis Kazakhstan, Amanat Nazarkul (53), bertekad memecahkan rekor membuat lukisan terbesar di negara itu.
Lukisan bergaya khas realis zaman Uni Soviet itu sebesar 32 meter persegi dan membutuhkan waktu sembilan bulan untuk pengerjaannya. Dalam lukisan itu, digambarkan Presiden Kazakhstan, Nursultan Nazarbayev (72) sedang meresmikan sebuah universitas di ibu kota, Astana dikelilingai burung merpati dan pelangi.
“Saat ini saya tengah mencari seorang pakar yang bisa memastikan lukisan ini adalah yang terbesar di Kazakhstan atau di seluruh negara bekas Uni Soviet,” ujar Nazarkul kepada AFP.
Lukisan berjudul Astana – Kota Pemuda dan Pengetahuan, dipesan oleh seorang pendiri universitas swasta, Maksut Narikbayev, yang baru saja mundur dari dunia politik.
Lukisan ini mengingatkan lukisan-lukisan di masa kejayaan Uni Soviet, di mana para seniman akan melukis para pemimpin negara dengan sangat gembira membuka pabrik baru atau universitas sambil dikelilingi rakyat dan para pendukungnya.
“Ini pekerjaan yang sulit. Ini adalah lukisan kanvas yang monumental. Menggambarkan kegembiraan dan ekspresi,” lanjutu pelukis dengan spesialisasi lukisan pemandangan stepa itu.
Pemesan lukisan itu, Rektor Universitas Kemanusiaan dan Hukum, Maksut Narikbayev, yang baru saja melepas jabatan ketua Partai Keadilan yang merupakan oposisi pemerintah, setelah hanya meraih satu kursi dalam pemilihan umum terakhir.
“Presiden sudah melihatnya dan katanya beliau menyukainya,” kata Nazarkul.
Nursultan Nazarbayev, yang meraih 95 persen suara dalam pemilihan presiden tahun lalu, sudah memimpin Kazakhstan yang kaya minyak itu sejak lepas dari Uni Soviet pada 1991.
Nazarbayev memiliki reputasi berhasil menciptakan stabilitas namun menindas lawan-lawan politiknya. Dia dikenal menyukai proyek-proyek “mercu suar” seperti bangunan tenda terbesar di dunia yang menampung pusat perbelanjaan dan hiburan.
Sumber: http://internasional.kompas.com/read/2012/10/10/09233282/Seniman.Kazakhstan.Incar.Rekor.Lukisan.Terbesar

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA