Rabu, 10 Oktober 2012

Peterjun Austria Terjun Bebas dari Ketinggian 36 Km

Felix Baumgartner, seorang peterjun payung, berencana memecahkan rekor dunia dengan terjun dari ketinggian 36,5 kilometer dari permukaan laut, Selasa (9/10/2012) dini hari waktu setempat.
Baumgartner akan melakukan aksi “gilanya” ini di atas gurun New Mexico dan diperkirakan akan terjun bebas selama lima setengah menit. Jika sukses, Baumgartner akan menjadi orang pertama yang menembus kecepatan supersonik tanpa perlindungan sebuah pesawat terbang.
Pria asal Austria itu akan menaiki balon khusus yang akan diluncurkan pada dini hari sekitar pukul 01.30 waktu setempat.
“Saya sudah siap. Saya merasa seperti harimau yang berada di dalam kandang dan siap melompat keluar,” kata Baumgartner yang sudah merencanakan aksinya ini selama lima tahun.
Balon yang akan digunakan ini terbuat dari plastik dengan ketebalan hanya 1/10 kali lebih tebal dari sebuah kantong sandwich. Balon ini menyimpan 850.000 meter kubik gas helium dan akan mengembang begitu balon itu naik ke stratosfir.
Di dalam balon itu, Baumgartner juga akan membawa sebuah kapsul angkasa luar kecil. Diharapkan dalam tiga jam, balon itu sudah bisa membawa Baumgartner ke titik ketinggian yang dikehendaki.
Dia akan mengenakan pakaian yang dirancang khusus yang memiliki tekanan udara tinggi untuk melindungi tubuhnya dari kondisi ekstrem di ketinggian.
Dia juga dibekali oksigen murni sepanjang penerbangannya. Saat-saat kritis adalah beberapa saat setelah Baumgartner melompat.
“Masalahnya ada di sekitar 30 detik, saya tak mendapatkan perlindungan apa pun. Itu artinya saya tak bisa mengendalikan putaran tubuh saya,” kata Baumgartner.
“Saya harus membuat diri saya stabil sebelum mencapai kecepatan suara,” lanjut dia.
Para ahli akan mengawasi efek penurunan ketinggian terhadap tubuh Baumgartner. Mereka berharap bisa mengembangkan teknologi penyelamatan yang bisa digunakan bagi para pilot ketinggian khusus, astronot dan turis angkasa.
“Membuktikan bahwa manusia bisa melampaui kecepatan suara di stratosfir dan kembali ke Bumi bisa menjadi langkah awal untuk menciptakan prosedur penyelamatan angkasa luar yang saat ini tidak ada,” tambah Baumgartner.
Dalam uji coba terjuan awal tahun ini dari ketinggian 29,6 km, Baumgartner mencatat kecepatan 537 meter per jam, sama dengan kecepatan pesawat jet komersial.
Rekor terjun bebas saat ini dipegang Kolonel Joe Kittinger yang melompat dari ketinggian 31,3 km pada 1960.
Sumber: http://internasional.kompas.com/read/2012/10/09/12393555/Peterjun.Austria.Terjun.Bebas.dari.Ketinggian.36.Km

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA