Rabu, 03 Oktober 2012

Mobil Murah

Otosia.com - Kehadiran Agya - Ayla yang masih tertahan oleh tuntasnya program mobil murah ramah lingkungan dari pemerintah, mendapat angin segar setelah beredar kabar bahwa program berinisial LCGC itu disebut akan beres bulan depan atau November.
Dalam hal ini proses penyusunan peraturan presiden dan keputusan presiden (perpres dan keppres) terkait keringanan fiskal untuk mobil LCGC masih dibahas, setelah sebelumnya dijanjikan akan selesai pekan pertama September.
"Pembahasan mencakup kategori mobil listrik, hybrid, dan hemat BBM. Sekarang masih pembahasan, tetapi sudah ada beberapa yang disepakati. Hasilnya nanti saja. Ya mungkin selesai November," ujar Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi, Firmansyah.
Pembahasan perpres dan keppres dilakukan oleh Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian. Pembahasannya mencakup golongan LCGC, kapasitas mesin, daya tempuh per liter, dan sumber energi baru terbarukan.
Selain Agya - Ayla, pihak Mitsubishi melalui produk Mirage sudah menyatakan akan ikut turun di segmen ini.
"Mitsubishi Mirage diarahkan ke program LCGC," ungkap Direktur Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Rizwan Alamsjah seraya menyebut bahwa pihaknya masih menunggu detail program tersebut.
Andaikata keikutsertaan ini terealisasi, maka dengan demikian Mitsubishi Mirage harus diproduksi di dalam negeri dan memiliki kandungan lokal 80 persen. Hal ini sudah menjadi syarat utama dalam program pemerintah tersebut. Daihatsu selaku produsen Ayla pun sudah melihat potensi pasar LCGC.
"Setidaknya ada 30 juta orang di kelas menengah untuk saat ini. Lalu jumlah itu terbagi lagi ke dalam kelas-kelas (menengah atas, sedang, dan bawah). Misalnya saja 6 persen dari itu mampu membeli mobil di bawah Rp. 100 juta (1,8 juta orang)," ungkap Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, yang juga menyebut bahwa angka itu akan diperebutkan bersama produsen-produsen lain yang mengeluarkan produk di segmen serupa.
Selain duo Agya - Ayla, pasar mobil di bawah Rp. 100 juta ini antara lain akan diperebutkan juga oleh Tata Nano, Honda Brio (dirumorkan akan ada versi LCGC), dan Suzuki Alto.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA

Protected by Copyscape Web Copyright Protection Software