Selasa, 23 Oktober 2012

Jepang Luncurkan Aplikasi Penerjemah untuk Ponsel

Tak lama lagi pengguna telepon pintar, khususnya di Jepang, akan disuguhi aplikasi penerjemah bahasa. Itu berarti seorang warga Jepang bisa berbicara dengan rekannya di luar negeri menggunakan bahasa mereka masing-masing.
Perusahaan penyedia jaringan telepon terbesar di Jepang, NTT Docomo, yang untuk pertama kali akan menyediakan layanan ini. Saat ini, layanan yang tersedia adalah untuk bahasa Inggris, Mandarin dan Korea. Bahasa-bahasa lain akan menyusul.
NTT Docomo mengungkap rencana ini aplikasi bernama Hanashite Hon’yaki untuk telepon pintar berteknologi Android ini di ajang Combined Exhibition of Advanced Technology (Coatec) di Tokyo, awal bulan ini.
Menurut rencana aplikasi ini akan resmi diluncurkan pada 1 November mendatang. Dalam praktiknya, aplikasi ini nantinya akan memnyediakan terjemahan dalam bentuk suara dari lawan bicara. Terjemahan akan tersedia setelah jeda beberapa saat.
“Bahasa Perancis, Indonesia, Italia, Portugis, Spanyol dan Thailand akan ditambahkan dalam aplikasi ini akhir November mendatang. Sehingga seluruh bahasa non Jepang menjadi 10,” ujar NTT Docomo dalam pernyataan resminya.
“Terjemahan yang cepat dan akurat dimungkinkan di semua jenis telepon pintar. Sebab, aplikasi Hanashite Hon’yaku menggunakan teknologi cloud (server komputer jarak jauh) Docomo untuk proses terjemahannya.”
Tapi tak hanya NTT Docomo yang menyediakan aplikasi canggih ini. Perusahaan Perancis, Alcatel-Lucent juga meluncurkan produk sejenis, WeTalk. Aplikasi ini bisa menerjemahkan bahasa Jepang dan sekitar 12 bahasa lainnya termasuk Inggris, Perancis dan Arab.
Sumber: http://internasional.kompas.com/read/2012/10/22/13383397/Jepang.Luncurkan.Aplikasi.Penerjemah.untuk.Ponsel

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA