Senin, 15 Oktober 2012

"Foto Ungu" Juga Terjadi di Android dan DSLR

consumerreports.org
Hasil jepretan iPhone 4S juga menghasilkan flare berwarna ungu ketika dihadapkan pada sumber cahaya terang di pinggir frame.
KOMPAS.com — Masalah hasil jepretan foto iPhone 5 yang menampilkan warna ungu di sekeliling obyek tertentu dikeluhkan oleh sejumlah pengguna iPhone 5. Cahaya ungu misterius ini muncul ketika kamera iPhone 5 diarahkan ke sumber cahaya yang terang seperti matahari.

Biarpun terlihat aneh dan tidak wajar, masalah ini ternyata bukan hanya terjadi pada iPhone 5.

Seperti dilaporkan oleh situs Consumer Reports yang melakukan pengujian foto dengan iPhone 5 dan beberapa model smartphone lain, termasuk iPhone 4S dan Samsung Galaxy S III, pendaran cahaya berwarna ungu akan muncul di hasil foto semua perangkat yang melibatkan obyek bercahaya terang, meski dengan pola dan intensitas berbeda.

Screen Shot 2012-10-12 at 8.28.25 PM
Perbandingan hasil foto iPhone 5 (kolom kiri) dengan iPhone 4S oleh situs Dpreview.com menunjukkan gejala flare ungu yang sama (gambar: www.dpreview.com)

Warna pendaran cahaya yang dikenal dengan sebutan purple fringing yang diakibatkan oleh lens flare ini pun tidak terbatas pada ungu, tetapi juga warna-warna lain, bahkan kadang terlihat seperti pelangi.

Apa sebabnya? Flare muncul ketika cahaya yang masuk ke kamera  dipantulkan oleh elemen-elemen kaca di dalam lensa. Pantulan ini terutama akan terjadi ketika lensa kamera dihadapkan pada sumber cahaya terang di pinggir bidang pandang atau frame.

Dalam hal ini, tidak ada lensa kamera yang kebal terhadap masalah flare, bahkan lensa mahal untuk kamera tipe DSLR sekalipun. Elemen-elemen kaca pada lensa kamera DSLR dan pocket biasanya dilapisi dengan coating khusus untuk mengurangi pantulan dan mereduksi flare.

purple-flare-d800
Contoh flare ungu yang dihasilkan kombinasi kamera Nikon D800 dengan lensa Sigma 50mm f 1.4 oleh situs iMore.com (gambar: www.imore.com)

Masalah flare pada kamera smartphone cenderung lebih parah karena desain lensa yang berbeda dibandingkan kamera-kamera saku atau DSLR.

Lalu, apa solusinya? Biasanya, lensa pada DSLR bisa dipasangi tudung lensa atau hood untuk mengurangi masalah flare dengan memblokir cahaya yang masuk dari sudut tertentu.

Nah, Apple mengeluarkan anjuran serupa untuk pengguna iPhone 5 yang mengalami masalah flare ungu. Bukan menghalangi cahaya dengan hood, melainkan cukup dengan telapak tangan. Lindungi kamera dari cahaya terang dengan tangan seperti melindungi mata ketika silau.

Cara lain yang lebih praktis adalah sedikit mengubah angle atau framing gambar agar masalah tersebut tak tampak lagi di hasil jepretan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA