Selasa, 25 September 2012

Yuk, Tegakkan Tubuh!

Ghiboo.com - Nasihat orangtua untuk berdiri atau duduk dengan tegak ternyata benar.

Penelitian dari Northwestern University di Evanston, Illinois, AS, menemukan bahwa duduk atau berdiri tegak tidak hanya membuat postur tubuh jadi lebih baik, tapi juga mampu meningkatkan kepercayaan diri.

Lakukan langkah berikut agar terbiasa memiliki postur tubuh yang tegak.

Cek postur tubuh Anda saat berdiri setiap 1 jam atau lebih
"Berdiri atau duduk dengan tegak seperti layaknya ada sebuah buku di atas kepala Anda. Tarik perut Anda menuju tulang belakang," ujar Mary Helen Bowers, pendiri Ballet Beautiful di New York, AS. "Busungkan dada, bayangkan seakan Anda sedang menekan suatu benda di tengah punggung dan lekukan bahu."

Bangun otot bagian belakang
"Punya otot punggung yang lemah seperti rhomboids yakni otot pada bagian antara pundak belakang dan punggung menjadi penyebab utama tubuh jadi bungkuk," ujar Michele Olson, Ph.D, ahli fisiolog. Lakukan gerakan ini agar punggung seksi dan kuat. Berbaring telungkup, tangan lurus di samping badan. Busungkan dada seakan menekan sesuatu di bagian antara punggung dan pundak, angkat dada dan tangan, tahan selama 2 detik. Lakukan 3 set dengan 10 repetisi.

Duduk rapi
Carilah posisi duduk yang selalu membuat tubuh bersandar ke belakang daripada membungkuk ke depan. Latihan posisi duduk dengan postur tepat di atas stability ball setiap hari selama beberapa menit.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA