Senin, 10 September 2012

Lukisan Renoir yang Hilang Ditemukan di Pasar Loak

Jika dikatakan hampir semua jenis barang ada pasar loak bisa jadi itu adalah sebuah kebenaran. Namun, jika sebuah lukisan terkenal teronggok begitu saja di pasar loak, pasti itu di luar dugaan siapapun.
Sebuah lukisan yang diyakini sebagai lukisan karya asli pelukis Perancis Renoir baru-baru ini ditemukan di sebuah pasar loak di Virginia, Amerika Serikat.
Para pakar menduga lukisan itu berjudul Paysage Bords De Seine, salah satu lukisan Renoir yang bertemakan pemandangan Sungai Seine di Paris.
Nah, lukisan itu ditemukan seorang perempuan yang kemudian membelinya dengan harga 50 dollar Amerika atau kurang dari Rp 500 ribu.
Perempuan itu melihat nama Renoir terpasang di bingkainya, sehingga dia membawa lukisan itu ke sebuah balai lelang untuk diperiksa.
“Perempuan sangat senang, tapi dia tak menyadarinya. Saat dia membuka tasnya, maka itu adalah lukisan yang benar,” kata Direktur Seni Murni balai lelang Potomack, Virginia, Anne Craner.
“Dari warna lukisan itu, warna ungu dan merah mudanya. Renoir diketahui memiliki gaya sapuan kuas yang cepat. Dan warna menjadi hal paling penting dalam lukisan Renoir,” tambah Craner.
Lukisan itu kini dipersiapkan untuk lelang akhir bulan ini dan diharapkan bisa terjual 100.000 dolar Amerika atau hampir Rp 1 miliar.
Sumber: http://internasional.kompas.com/read/2012/09/08/1945116/Lukisan.Renoir.yang.Hilang.Ditemukan.di.Pasar.Loak

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA