Rabu, 05 September 2012

Ini Gambar 3D dari Mars yang Dikirim Curiosity

Gambar 3D diambil dari Lokasi Pendaratan Bradbury di kawah Gale.

Rabu, 5 September 2012, 11:23 Bayu Galih
Gambar 3D yang dikirim Curiosity
Gambar 3D yang dikirim Curiosity (Credit: NASA)

VIVAnews - Curiosity, kendaraan robotik atau rover milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), telah mengirim gambar 3D pertama permukaan Mars. Pengiriman gambar 3D ini dilakukan saat pengendali misi mulai menguji sistem kamera mereka, dalam kelanjutan misi mencari tanda adanya kehidupan di Mars.

Mengutip situs NASA, gambar 3D itu diambil dari Lokasi Pendaratan Bradbury di kawah Gale. Gambar diambil dengan mata kiri dan kanan kamera navigasi rover tersebut. Dari lokasi pendaratan, tidak terlihat puncak gunung Sharp.

NASA juga menjelaskan, gambar resolusi penuh, stereo panorama 360 derajat diambil pada hari ke-2 dan ke-12 sejak pendaratan (8 dan 18 Agustus 2012). Dibutuhkan kacamata 3D sederhana berwarna biru-merah, untuk bisa melihat gambar ini.
Gambar 3D yang dikirim Curiosity
Rover itu juga mengirim gambar jelas perdana lokasi yang akan menjadi 'rumah' Curiosity di kawah Gale. Gambar ini dihasilkan setelah tumpukan debu Mars berhasil disingkirkan dari kamera utama Curiosity.

Tak hanya itu, sejumlah gambar juga berhasil dikirim dari kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) dari Mars Reconnaissance Orbiter, yang melayang di orbit Mars. Gambar itu memperlihatkan posisi Curiosity, dan sejumlah komponen yang memperlihatkan bekas pendaratan Curiosity dan jejaknya menuju posisi saat ini di kawah Gale.

"Gambar ini tidak hanya memuaskan keingintahuan kami, tapi juga menyediakan informasi penting mengenai bagaimana komponen vital ini beraksi saat masuk, muncul, dan mendarat, hingga saat ini tepat berada di kawah Gale," kata Mike Watkins, manajer misi untuk Laboratorium Sains Mars di Laboratorium Propulsi Jet milik NASA di Pasadena, Amerika Serikat.

Dalam foto itu, terlihat posisi Curiosity, lokasi parasut dan backshell, perisai panas, dan lokasi pendaratan. Jarak antar benda terlihat jauh dalam gambar tersebut. (umi)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA