Kamis, 16 Agustus 2012

Penjelajah NASA 'Curiosity' Kirim Foto Berwarna Pertama dari Kawah Mars

 
Badan antariksa Amerika NASA hari Selasa mengatakan foto itu menunjukkan dinding utara dan lingkaran Kawah Gale di kejauhan.

Foto itu bisa dilihat di http://www.nasa.gov/images/content/674083main_PIA15691-full_full.jpg di bidik menggunakan sebuah kamera yang dipasang di lengan robot panjang pada kendaraan itu.

NASA dengan sukses mendaratkan Curiosity di kawah itu, Minggu malam setelah delapan bulan perjalanan di antariksa. Bagian bawah kendaraan itu membuat ratusan foto selama perjalanannya, tapi foto baru itu yang pertama setelah mendarat.

Foto pertama agak kabur, tapi NASA mengharapkan dalam dua tahun misi Curiosity itu, kamera-kameranya  akan menangkap gambar-gambar beresolusi tinggi.

Ken Edgett seorang petugas yang mengamati kamera itu mengambil gambar berwarna, menjelaskan penutup debu transparan kamera itu masih menempel ketika foto diambil menyebabkan sedikit kabur. Meski demikian bebatuan bisa dilihat di daratan foto itu.

Seiring dengan waktu kendaraan seukuran mobil bernilai 2,5 miliar  dolar itu akan digunakan untuk menyelidiki geologi planet Mars, cuaca dan tingkat radiasi. Ilmuwan berharap informasi itu akan membantu mereka menjawab pertanyaan lama, apakah pernah ada kehidupan di Mars atau apakah planet merah itu bisa menopang  kehidupan di masa depan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA

Protected by Copyscape Web Copyright Protection Software