Jumat, 17 Agustus 2012

Lebaran, Kominfo Minta Hindari Broadcast Message


Jakarta - Tingkat keamanan iOS yang selama ini termasuk dikenal paling 'kuat' dalam menghadapi serangan, ternyata tetap mempunyai kerentanan yang mampu dieksplotasi pihak luar. Sebuah blog diketahui mengklaim hacker berhasil meretas smartphone Apple, yakni iPhone.

Blog milik developer yang bernama Pod2g menuliskan sebuah pernyataan bahwa sistem pesan singkat atau SMS di iPhone ternyata mampu di-hack oleh para peretas. Dia mengklaim iPhone yang diretas tidak hanya dapat dilakukan pada satu model saja, sehingga membuat seluruh jenis iPhone menjadi rentan untuk dirusak dan diekspolitasi.

Sayangnya, dalam blog itu tidak ditulis dengan detail bagaimana teknik para hacker itu dapat mengambil alih SMS pengguna iPhone tanpa diketahui sang pemiliknya sendiri. Pod2g menuliskan, hacker dapat menguasai SMS pemilik iPhone sehingga dapat mengirimkan SMS dari jarak jauh.

Dikutip detikINET dari CBS, Sabtu (18/8/2012), bahayanya lagi SMS yang dikirimkan oleh hacker itu diterima oleh pengguna yang ada di dalam daftar kontak oleh nomor-nomor seolah resmi, seperti 911. Bahkan SMS yang dikirimkan diterima dari nomor seseorang yang dikenal.

Tentu saja para hacker itu dapat memanfaatkan ini untuk mengirim pesan singkat berupa phising untuk mengambil informasi sensitif atau juga bisa saja sang peretas mengirimkan SMS palsu.

Apple belum memberikan respon mengenai klaim tulisan blog developer tersebut.Namun ini tentu saja menjadi perhatian pengguna iPhone untuk terus berhati-hati.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA