Kamis, 30 Agustus 2012

Ilmuwan Temukan Serangga Beku dari Zaman Purba

Ilmuwan telah menemukan tiga serangga yang pernah hidup ratusan juta tahun lalu. Serangga itu terkurung beku dalam “jebakan” damar (getah keras dari pohon). Temuan ini dikatakan sebagai serangga paling tua yang pernah ada di Bumi.
detail beritaDilansir Artdaily, Kamis (30/8/2012), penemuan serangga tertua di Italia ini terkesan mirip cerita “Jurassic Park”, tetapi ternyata usianya lebih tua dari itu. Serangga tersebut diyakini pernah hidup pada masa 230 juta tahun lalu, tepatnya pada periode Triassic. Serangga yang ditemukan terperangkap pada damar atau resin pohon itu, berusia 100 juta tahun lebih tua dibandingkan serangga-serangga lain yang pernah ditemukan para ilmuwan.
Resin lengket yang menjebak serangga itu seperti getah, namun tidak mengandung air dan tidak dapat diencerkan. Peneliti memeriksa dengan seksama sekira 70 ribu tetesan damar dari timur laut Italia.
Peneliti mengamati serangga (kutu) yang terperangkap di dalam damar melalui bantuan mikroskop. Bentuk yang teramat kecil, membuatnya tidak dapat dilihat melalui mata telanjang.
Temuan ini telah dilaporkan pada Senin lalu dalam jurnal ilmiah Proceedings of the National Academy of Sciences. Ilmuwan juga mengungkapkan temuan serangga tertua yang ditemukan di fosil batu.
“Itu hal yang menakjubkan tentang damar. Anda dapat membuat perbandingan rincian yang luar biasa dengan spesies yang hidup,” ujar David Grimaldi, kurator dari American Museum of Natural History di New York.
Ketika Grimaldi membandingkan kutu purba tersebut dengan kutu yang hidup saat ini, ia terkejut karena kesamaan mereka. Hanya saja ada sedikit perbedaan pada bagian mulut dan kaki.
Direktur Yale Peabody Museum of Natural History, Derek Briggs mengungkapkan, temuan serangga tertua ini bisa membantu peneliti untuk lebih memahami bagaimana kehidupan berevolusi di darat.
Sumber: http://techno.okezone.com/read/2012/08/29/56/682270/ilmuwan-temukan-serangga-beku-dari-zaman-purba

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA