Minggu, 01 Juli 2012

Rekor Menciptakan Suhu Terpanas di Dunia


VIVAnews - Laboratorium fisika partikel di Amerika Serikat dilaporkan berhasil menciptakan rekor dunia untuk pembuatan suhu tertinggi buatan manusia.

Dilansir UPI, Sabtu 30 Juni 2012, Relativistic Heavy Ion Collider (RHIC) di Brookhaven National Laboratory di New York, AS, menabrakkan ion emas yang mendekati kecepatan cahaya dengan energi intens, hingga akhirnya menciptakan suhu di sekitar 4 triliun derajat Celsius atau 250 ribu kali lebih panas dibanding matahari.

Energi neutron dan proton yang ada di dalam inti emas 'meleleh', kemudian melepas quark serta gluon dasar yang membentuk plasma primordial bebas friksi yang hanya ada saat Big Bang terjadi. "Ada banyak hal keren dari materi super panas ini," kata fisikawan Steven Vigdor.

Sementara itu, Conseil Europene pour la Recherche Nuclaire (CERN), sebuah dewan yang didirikan untuk mendiskusikan pembangunan fasilitas penelitian fisika nuklir di Eropa, juga sedang mencoba menabrakkan ion timah di Large Hadron Collider (LHC) miliknya untuk mengulang penciptaan Big Bang.

Namun, mereka belum menerbitkan pengukuran suhu resminya. Sehingga membuat pencapaian RHIC menjadi rekor dunia untuk suhu terpanas saat ini. (umi)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA