Kamis, 05 Juli 2012

Kurangi Porsi Makan, Usia Tambah 20 Tahun

Perut adalah sumber penyakit. Banyaknya jumlah dan jenis makanan yang tidak sehat memunculkan risiko beragam jenis penyakit. Mengurangi sedikit jumlah makanan yang dikonsumsi bisa membuat hidup lebih sehat.
makan Menurut studi yang dilakukan peneliti dari Institute of Health Ageing at University College London, mengurangi jumlah makanan sampai 40 persen bisa memperpanjang kehidupan seseorang sampai 20 tahun. Mereka juga membangun treatment yang diharapkan dapat memerangi penyakit menua.
Dalam studi yang dilansir Dailymail, Rabu, 4 Juli 2012 ini, para peneliti mempelajari bagaimana faktor genetik dan gaya hidup dapat diadaptasi untuk mengimbangi efek penuaan dan menambah usia hidup sampai puluhan tahun. Peneliti mengklaim, penyakit-penyakit yang terkait dengan umur, seperti kardiovaskular, kanker, dan neurodegenerasi dapat juga dilawan.
Salah satu upaya untuk menyelidiki pengaruh porsi dan jenis makanan terhadap usia dilakukan dengan cara mengatur pola diet pada tikus. Hasilnya, masa hidup tikus percobaan itu bisa meningkat 30 persen hanya dengan mengurangi asupan makanan.
»Jika Anda mengurangi diet tikus hingga 40 persen, dia akan hidup 20-30 persen lebih lama. Maka kami mengambil 20 tahun untuk usia kehidupan manusia. Ini dapat ditunjukan pada semua jenis organisme,” kata kepala peneliti kepala Dr. Piper.
Hasil penelitian ini akan dipaparkan di Royal Society Summer Science Exhibition, London, beberapa waktu mendatang.
Sumber: Tempo

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA