Jumat, 22 Juni 2012

Google Mulai Proyek Selamatkan Bahasa Langka

Menggandeng para sarjana dan ahli bahasa, raksasa Internet, Google, akan menggarap proyek tak biasa: penyelamatan bahasa lokal yang nyaris punah. Melalui Endangered Languages Project, orang dapat menemukan, berbagi, dan menyimpan informasi tentang dialek dalam bahasa yang nyaris hilang.
“Orang-orang dapat berbagi pengetahuan dan penelitian secara langsung melalui situs tersebut dan membantu menjaga konten di dalamnya tetap up-to-date,” kata manajer proyek, Clara Rivera Rodriguez dan Jason Rissman, dalam posting mereka di blog Google.
Mereka juga akan membedah manuskrip mulai dari abad ke-18 sebagai alat pengajaran modern. Situs web endangeredlanguages.com dirancang agar pengguna dapat meng-upload video, audio, atau file teks dan mendorong mereka untuk mempelajari melalui rekaman dialek-dialek langka.
Hanya setengah dari sekitar 7.000 bahasa yang dipakai saat ini diperkirakan akan bertahan melewati akhir abad ini, menurut sebuah penelitian. “Mendokumentasikan bahasa yang di ambang kepunahan merupakan langkah penting dalam melestarikan keragaman budaya, menghormati pengetahuan dari para leluhur kita, dan memberdayakan kaum muda,” kata Rodriguez dan Rissman. “Teknologi dapat memperkuat upaya ini, dengan membantu orang menciptakan rekaman berkualitas tinggi dari orang tua mereka, menghubungkan komunitas melalui media sosial dan memfasilitasi belajar bahasa.”
Sebagai bentuk filantropi Google, dalam beberapa bulan mendatang kepemimpinan proyek ini akan diserahkan kepada First People”s Cultural Council dan The Institute for Language Information and Technology at Eastern Michigan University. Katalog Bahasa Terancam Punah (ELCat), yang disponsori oleh University of Hawaii, juga akan memberikan kontribusi terhadap proyek ini.
Sumber: Tempo

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA