Jumat, 22 Juni 2012

Diam-diam Twitter Diserang Hacker?

Situs Twitter sempat ”terguncang” begitu keras pada 21 Juni. Tidak menampilkan “Fail Whale” yang terkenal jika situs mengalami gangguan, sebaliknya, hanya timed out biasa.
Gangguan mulai terjadi pukul 11.59 waktu New York, menurut situs tracking, Pingdom. Layanan kembali ada sekitar pukul 13.00, tapi kurang dari satu jam kemudian, Twitter ”gelap” lagi.
“Kami sedang bekerja untuk mengatasi masalah tersebut,” kata seorang juru bicara Twitter kepada CNN Money, saat itu.
Twitter memperbarui status blognya pada 13.42, dan mengatakan, “Masalah ini telah diatasi dan semua layanan saat ini telah beroperasi.” Tapi, pada 14.16, Twitter menulis, “Masalah ini masih terus dilakukan.”
Satu jam kemudian, Twitter mengumumkan penyebab operasi mereka terhenti. “Virus mengalir di salah satu komponen infrastruktur kami.”
Penjelasan itu muncul setelah sebuah kelompok peretas, UGNazi, mengaku melalui beberapa media bahwa mereka telah menyerang Twitter melalui serangkaian serangan denial-of-service (DDoS) terdistribusi.
Matinya Twitter kemarin adalah gangguan layanan terpanjang sejak 7 Oktober, menurut data Pingdom. Downtime adalah masalah umum untuk situs Web, meskipun Twitter telah jauh lebih baik akhir-akhir ini daripada beberapa tahun yang lalu.
Berhentinya operasi Twitter sementara membuat jaringan sosial lainnya, termasuk situs Tumblr, kebanjiran pengunjung. Bahkan seorang eksekutif Tumblr menyatakan kepada CNN, “Saya menikmati kenyataan bahwa ketika Twitter turun, Tumblr saya meledak,” katanya.
Sumber: Tempo

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA