Kamis, 24 Januari 2013

Tips Menghindari Kanker Prostat

Jika wanita biasanya dihantui dengan kanker payudara, maka pria pun memiliki masalah yang juga menghantui terutama jika usia sudah mencapai 40 tahun ke atas. Kanker prostat adalah momok yang menakutkan karena seringkali muncul tiba-tiba tanpa menunjukkan gejala tertentu. Penelitian terakhir oleh American Cancer Society bahkan menyebutkan bahwa satu dari enam pria menderita kanker prostat.

Tips Hindari Kanker Prostat
Satu dari enam pria menderita kanker prostat
Kanker prostat memiliki sifat agresif dan dapat menyebabkan munculnya masalah-masalah seksual seperti impotensi, infertilitas, hingga gangguan air seni (urin), dan yang paling menakutkan, kanker prostat dapat menyebabkan kematian.
Kanker prostat umumnya muncul ketika usia sudah tidak muda lagi. Gejala kanker prostat yang tidak spesifik menyebabkan penderita kadang terlambat mengetahui sampai ketika kanker telah memasuki stadium akhir yang sangat berbahaya. Oleh karena itu setiap pria terutama yang telah berusia di atas 40 tahun perlu melakukan pemeriksaan rutin tahunan untuk mengetahui kemungkinan adanya sel kanker dalam dirinya.
Langkah lain yang perlu dilakukan, terutama jika usia masih muda adalah dengan cara menghindari resiko-resiko yang dapat menyebabkan munculnya kanker prostat di kemudian hari. Beberapa penelitian menyebutkan terdapat beberapa tips yang dapat dicoba untuk menghindari resiko terkena kanker prostat. Anda ingin tahu bagaimana caranya? Berikut ini empat tips menghindari terkena kanker prostat.

Menambah Serat dan Asupan Ikan Serta Omega 3

Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang rendah lemak, tinggi fiber (serat), dan makanan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti kacang-kacangan; kacang panjang, tahu sutra, produk kedelai, dan oats. Sayur-sayuran, tomat, dan makanan yang mengandung saus tomat, brokoli, dan produk ikan seperti tuna, sarden, dan salmon.
Sebuah studi di Amerika telah meneliti bahwa laki-laki yang mengkonsumsi ikan lebih dari 3 kali dalam seminggu, lebih sedikit terkena kanker dibandingkan laki-laki yang hanya mengkonsumsi ikan hanya dua kali dalam sebulan. Selain ikan, Anda juga diperbolehkan untuk mengkonsumsi minyak ikan.

Teh Hijau dan Suplemen Vitamin D dan E

Mengkonsumsi teh hijau juga sangat dianjurkan karena teh hijau secara klinis memang terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel-sel berbahaya dalam tubuh. Juga dapat diimbangi dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin E dan vitamin D.

Mengurangi Daging dan Susu

Makanan tinggi lemak ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan menghindari daging dan susu.
Pria Jepang yang masih mengkonsumsi ikan, lebih kecil terkena resiko kanker dibandingkan pria Amerika yang terbiasa untuk mengkonsumsi daging. Mengapa demikian? Daging dan susu ternyata mengandung lemak jenuh yang dapat mengganggu peradangan pada tubuh yang selanjutnya nanti akan mendukung pertumbuhahan sel-sel berbahaya seperti sel tumor.

Konsumsi Kedelai

Pria dianjurkan mengkonsumsi kedelai, atau pun susu kedelai. Sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 12.000 responden, telah menunjukkan bukti bahwa pria yang mengkonsumsi susu kedelai sekali sehari ternyata 70 persen tidak memiliki resiko kanker prostat dari pada mereka yang tidak mengkonsumsinya.
Demikian empat tips sederhana yang bisa anda mulai dari sekarang. Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Dengan menerapkan konsumsi makanan sehat di atas, ditambah dengan istirahat dan olahraga teratur, anda bisa meminimalkan risiko diri anda menderita kanker prostat di usia tua nanti.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA