Jumat, 23 November 2012

Topeng V for Vendetta Dilarang di Dubai

Pihak kepolisian di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) melarang warganya menggunakan topeng “V for Vendetta”. V for Vendetta sendiri merupakan cerita komik terkenal dari Amerika Serikat (AS) yang tokoh utamanya bernama Guy Fawkes.
Foto : demonstran AS gunakan topeng Guy Fawkes (AP)Guy Fawkes adalah sosok pemberontak melakukan perlawanan terhadap pemerintah diktator. Topeng yang dikenakan Guy Fawkes menjadi simbol perlawanan rakyat terhadap pemerintah dan seringkali digunakan oleh para aktivis ketika melakukan aksi protes, khususnya aktivis di negara-negara barat.
Topeng V for Vendetta juga menjadi populer di Timur Tengah ketika beberapa negara di kawasan tersebut mengalami revolusi, seperti diberitakan Digitalspy, Jumat (23/11/2012).
Kebijakan dari polisi Dubai itu dikeluarkan sebagai tindakan pengamanan atas perayaan hari nasional UEA, yang jatuh pada 2 Desember mendatang. Polisi yang menemukan warga menggunakan topeng itu pada hari nasional akan ditahan oleh polisi karena dianggap berusaha membuat kerusuhan politik.
“Kami tidak mengijinkan simbol-simbol yang memancing sikap perlawanan terhadap pemerintah digunakan pada perayaan hari nasional. Kami meminta warga menggunakan simbol yang menunjukkan sikap patriot seperti simbol kenegaraan dan bendera,” ujar kepolisian Dubai.
Sumber: http://international.okezone.com/read/2012/11/23/214/722156/topeng-v-for-vendetta-dilarang-di-dubai

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA