Selasa, 20 November 2012

Roti “Pita” Makanan Tradisional Khas Jerman

Mendengar nama Pretzel, sama dengan membahas makanan khas Jerman. Berwarna cokelat tua, dan berbentuk bak pita menjadi ciri khas. Roti yang tebuat dari tepung gandum ini adalah makanan wajib hadir saat pesta panen, Oktoberfest.
Populer di Jerman, populer juga di Jakarta. Di beberapa pusat perbelanjaan, kedai roti Pretzel juga banyak dijumpai. Tak jauh beda dengan asalnya, Pretzel yang dijajakan juga hadir dengan aneka rasa dan bentuk, tak hanya seperti pita.
Untuk resep tradisional, Pretzel terbuat dari tepung gandum, malt, garam, ragi dan air. Tekstur asli roti ini adalah keras, namun untuk menyesuaikan selera banyak toko yang menggunakan pelembut atau pelunak tekstur.
Roti yang bernama Natronlauge (Jerman) itu juga memiliki taburan unik dan menjadi ciri khas. Seperti taburan garam kasar, biji wijen, biji bungan matahari atau biji poppy, di negara asalnya taburan ini menjadi simbol permanen.
Berikut ini adalah beberapa varian Pretzel yang paling banyak di cari:
1. Pretzel Gulungan (Laugenbrötchen) adalah pretzel yang dibentuk menjadi bola-bola kecil. Baru-baru ini, di Amerika, Laugenbrötchen menduduki rating teratas dan menjadi makanan populer.
2. Cheese Pretzel (Käse-Brezel) adalah pretzel dengan topping keju. Keju yang ditambahkan selama beberapa menit terakhir sebelum di oven, membuat keju tidak meleleh ke dalam adonan. Dengan begitu, rasa keju di setiap gigitannya pun semakin terasa, yummy!
3. Pretzel Bread Sticks (Laugenstangen) ini adalah pretzel yang dibentuk memanjang. Untuk jenis ini, pretzel dibagi menjadi beberapa varian yaitu Sticks Keju (Käsestangen), yang memiliki topping keju, dan Ham & Sticks Keju (Käse-Schinken-Stangen) dengan topping keju dan ham.
Sumber: http://life.viva.co.id/news/read/368377-roti–pita–makanan-tradisional-khas-jerman

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA