Kamis, 11 Oktober 2012

Wuih.. Burung Elang Ini Terkam Bayi Buaya

Burung elang dikenal sebagai hewan karnivora yang memangsa mamalia kecil seperti tikus atau tupai. Hewan yang memiliki penglihatan tajam untuk mencari mangsanya ini justru menarik perhatian para turis di Selous Game Reserve, Tanzania, lantaran ia menerkam bayi buaya.
detail beritaDilansir Telegraph, Rabu (10/10/2012), sebuah contoh rantai makanan yang tidak biasa dari salah satu hewan predator yang mampu terbang dan memiliki kaki yang kuat dan kuku yang tajam. Ketimbang memakan burung kecil atau ikan, elang ini menyergap seekor anak buaya dengan cengkraman kakinya. Momen ini pun sempat tertangkap kamera.
Pemandu Safari, Mark Sheridan-Johnson, yang memelihara elang tersebut, mengabadikan momen langka tersebut. “Dalam sembilan tahun menjadi pemandu Safari, saya belum pernah melihat perilaku ini,” ujar Mark.
Ia mengatakan, dirinya sering melihat elang tersebut memangsa ikan. Namun, kini ia pun terkejut bahwa yang disantap hewan itu adalah buaya sungai Nil (Crocodylus niloticus).
“Saya berpikir elang ini menjadi individu tunggal (satu-satunya) yang telah belajar bagaimana berburu buaya. Elang ini tentu tahu apa yang telah dilakukannya,” kata Mark.
Wikipedia menerangkan, elang merujuk pada burung pemangsa berukuran besar dari suku Accipitridae, terutama genus Aquila. Elang merupakan salah satu dari hewan yang terdapat di seluruh Indonesia.
Elang adalah hewan berdarah panas, mempunyai sayap dan tubuh yang diselubungi bulu pelepah. Elang berkembang biak dengan cara bertelur, yang mempunyai cangkang keras di dalam sarang yang dibuatnya.
Paruh elang tidak bergigi tetapi melengkung dan kuat untuk mengoyak daging mangsanya. Hewan ini mempunyai sistem pernapasan yang baik dan mampu membekali jumlah oksigen yang banyak yang diperlukan ketika terbang.
Sumber: http://techno.okezone.com/read/2012/10/09/91/701488/wuih-burung-elang-ini-terkam-bayi-buaya

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA