Senin, 15 Oktober 2012

Riset: Jejaring Sosial Lebih Menarik Ketimbang Seks

BBC Indonesia
Facebook
KOMPAS.com — Sebuah studi mendapati kesimpulkan bahwa, bagi mereka yang keranjingan gaya hidup era Internet, mengecek Facebook atau Twitter itu lebih menarik daripada godaan seks.

Jajak pendapat selama sepekan yang dilangsungkan di Jerman oleh Fakultas Bisnis Universitas Chicago itu mendapati fakta bahwa mengecek tweet, gambar, komentar, dan posting lainnya di jejaring sosial lebih kuat godaannya ketimbang seks dan merokok.

"Hasrat untuk media (sosial) lebih sulit dilawan karena sangat gampang didapat dan juga karena tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya, sekalipun orang ingin melawannya," kata Wilhelm Hofmann, yang mengetuai studi ini kepada Los Angeles Times seperti dikutip AFP.

Orang beragam usia, mulai dari umur 18 tahun sampai dengan 85 tahun, mengambil bagian dalam jajak pendapat ini dengan menggunakan ponsel pintar, mengenai kebiasaannya mengecek komunitas online mereka.

Para partisipan survei juga ditanyai beberapa hal untuk menelusuri ketertarikan mereka pada seks, alkohol, rokok, dan sogokan.

Dan, menurut studi ini, hasrat untuk membuka Facebook, Twitter, atau jejaring sosial lainnya paling sulit untuk dilawan, bahkan masuk kategori kecanduan yang akut.

"Orang bisa menahan diri dari seks, godaan untuk berbelanja, atau godaan-godaan lainnya (ketimbang mengecek Facebook dan Twitter)," kata Hofmann.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA