Senin, 15 Oktober 2012

Dituduh Mencontek, Apple Bayar Lisensi Desain Jam Swiss

cnet.com (Apple/ Mondaine)
KOMPAS.com — Tampilan bentuk jam (clock) yang digunakan Apple di sistem operasi iOS 6 membuat perusahaan ini harus mengeluarkan dana khusus untuk pembelian biaya lisensinya. Apple sebelumnya dianggap mencontek desain jam tersebut dari desain jam milik operator kereta api Swiss.

Seperti dilansir Reuters, Apple telah sepakat melisensi desain jam milik Perusahaan Kereta Federal Swiss (SBB) untuk digunakan di iPhone dan iPad.

Nilai yang harus dibayar Apple ke SBB dan detail kesepakatan bersifat rahasia, tak diumumkan ke publik.

"Untuk penggunaan tampilan jam pada perangkat Apple, seperti iPad dan iPhone, kedua pihak telah sepakat membuat sebuah perjanjian yang mengizinkan Apple untuk menggunakan jam stasiun SBB," tulis pihak SBB, seperti dikutip dari Reuters.

Desain jam ini sudah muncul di tablet besutan Apple, iPad, yang menggunakan iOS6. Saat Apple diketahui menggunakan desain jam tersebut, SBB langsung berencana menuntut Apple. Pasalnya, desain jam pada update iOS 6 itu mirip dengan jam yang dijadikan trademark perusahaan tersebut.

Setelah dianggap mencontek desain jam tersebut, Apple memilih untuk "berdamai" dengan membayar lisensi penggunaan desain jam tersebut.

Desain jam yang bersangkutan dibuat oleh seorang pegawai SBB bernama Hans Hilfiker pada tahun 1944. Jam hasil rancangannya itu kemudian dipakai di stasiun-stasiun kereta di Swiss yang terkenal dengan ketepatan waktunya.

Apple sebenarnya dikenal getol mempertahankan rancangan dan desain miliknya sendiri, termasuk tampilan jam, agar tak ditiru pihak lain.

Tahun 2009, Apple pernah mengirim surat pada developer aplikasi Tapbots—pembuat Tweetbit dan sejumlah aplikasi iOS lain—berisi peringatan bahwa ikon jam yang digunakan pada aplikasi pocket converter bikinan perusahaan itu terlalu mirip dengan ikon jam pada aplikasi telepon milik Apple. Alhasil, Tapbot mengubah desain jam buatannya.

Belakangan, perlindungan Apple soal desain ini juga melebar ke penampilan dan rancangan fisik smartphone dan tablet miliknya. Dalam sengketa paten melawan Samsung, Apple memfokuskan gugatan pada kemiripan antara produk Samsung serta iPhone dan iPad. Bukan hanya dari segi hardware, melainkan juga tampilan aplikasi dan ikonografi yang digunakan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA