Senin, 15 Oktober 2012

"Babi Nakal" Palsu Tunggangi Google Chrome

KOMPAS.com - Google Chrome tak lepas dari aplikasi palsu yang berbahaya. Contohnya yang satu ini, menyamar sebagai game "Babi Nakal" Bad Piggies dari Rovio.
Barracuda Networks, sebuah perusahaan keamanan, menemukan adanya aplikasi Bad Piggies palsu di Google Chrome web store. Setelah selesai di-download, aplikasi palsu ini akan meng-install sebuah plug-in di Chrome. Plug-in tersebut akan menampilkan iklan tambahan di situs populer, seperti Yahoo.com dan MSN.com.

Pola seperti ini biasa disebut sebagai teknik Adware. Adware sendiri merupakan paket software yang secara otomatis memunculkan sebuah iklan. Iklan tersebut biasanya berbentuk pop-up. Biasanya, Adware ini tidaklah berbahaya, tetapi dalam beberapa kasus terdapat juga spyware dalam iklan tersebut. Biasanya, Adware digunakan untuk mencari keuntungan finansial bagi si pembuat.

Bad Piggies sendiri merupakan permainan terbaru dari Rovio, pihak pengembang Angry Birds. Untuk sementara, game tersebut baru tersedia untuk perangkat Android, iOS, dan komputer Mac saja.

Bad Piggies memang baru hadir di tiga platform tersebut. Anehnya, pengguna sudah bisa menemukan aplikasi tersebut secara gratis di Chrome web store. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata game ini bukan dihadirkan oleh Rovio, melainkan www.playlook.info, sebuah pembuat game flash.

Saat dimainkan, bukan game Bad Piggies yang didapatkan, melainkan permainan tembak-tembakan antara babi dan burung.

Hingga saat ini, menurut Barracuda Networks, sudah ada 80.000 pengguna yang terjebak aplikasi palsu ini.

Barracuda Networks menyarankan bagi para pengguna yang terkena masalah ini untuk segera mengganti password dari akun Google.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA