Jumat, 07 September 2012

Waspada Gigitan Kalajengking “Kuras” Dompet Anda

Kalajengking merupakan hewan berbisa yang racunnya cukup mematikan. Gigitannya tentu menyakitkan, namun lebih sakit lagi bila melihat berapa tagihan dana yang mesti dibayar untuk mengobati gigitan hewan jenis Arachnida tersebut.
detail beritaDilansir Hosted, Rabu (5/9/2012), seperti yang dialami wanita asal Arizona, Amerika Serikat ini, dirinya mendapati tagihan yang harus dibayarkan di Chandler Regional Medical Center lebih dari USD83 ribu. Wanita yang diketahui bernama Marcie Edmonds digigit kalajengking pada Juni ketika ia membuka kotak penyaring (filter) air conditioner (AC) di garasi parkirnya.
Wanita berusia 52 tahun ini harus membayar sejumlah uang yang tercantum dalam tagihan rumah sakit setelah perawatan. Uang sebesar USD83 ribu tersebut sudah termasuk dua dosis anti-venom (anti bisa) yang harganya hampir USD40 ribu per dosis.
The Arizona Republic mengungkapkan, Edmons telah dibantu dengan asuransi sejumlah USD57 ribu. Rumah sakit Phoenix meminta Edmons untuk memenuhi tagihan sekira USD25 ribu.
Edmonds mengatakan bahwa dokter di ruang gawat darurat menjelaskan padanya tentang anti bisa asal Mexico, Anascorp. Anti bisa tersebut dengan cepat mampu memulihkan penderitaannya, namun ia sendiri tidak pernah menanyakan berapa harga obat tersebut.
Wikipedia menerangkan, kalajengking atau scorpion merupakan sekelompok hewan beruas dengan delapan kaki (oktopoda) dan termasuk dalam ordo Scorpiones, kelas Arachnida. Kalajengking masih satu kerabat dengan ketonggeng, laba-laba, tungau dan caplak.
Ada sekitar 2000 jenis kalajengking. Hewan ini umumnya banyak ditemukan di wilayah selatan, kecuali Selandia Baru dan Antarktika. Tubuh kalajengking dibagi menjadi dua bagian, cephalothorax dan abdomen.
Semua spesies kalajengking memiliki bisa. Pada umumnya, bisa kalajengking termasuk sebagai neurotoksin (racun saraf). Neurotoksin terdiri dari protein kecil dan juga natrium dan kalium, yang berguna untuk mengganggu transmisi saraf pada korban. Kalajengking menggunakan bisanya untuk membunuh atau melumpuhkan mangsa mereka agar mudah dimakan
Kebanyakan kalajengking tidak berbahaya bagi manusia. Sengatannya menghasilkan efek lokal (seperti rasa sakit, pembengkakan). Namun beberapa spesies kalajengking, terutama dalam keluarga Buthidae dapat berbahaya bagi manusia.
Salah satu yang paling berbahaya adalah jenis Leiurus quinquestriatus dan anggota dari genera Parabuthus, Tityus, Centruroides serta Androctonus. Kalajengking yang paling banyak menyebabkan kematian manusia yakni jenis Androctonus australis.
Sumber: http://techno.okezone.com/read/2012/09/05/91/685550/waspada-gigitan-kalajengking-kuras-dompet-anda

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA