Selasa, 04 September 2012

Ratusan Amunisi Sisa PD I Terkubur Dalam Es

Ratusan amunisi sisa-sisa Perang Dunia I (PD I) ditemukan terkubur dalam es di sebelah utara Italia. Akibat pemanasan global, es mencair dan terlihatlah ratusan amunisi tersebut terserak di lahan seluas lebih dari 100 meter.
Amunisi yang ditemukan di dalam es di pegunungan ItaliaDiberitakan Daily Mail, Senin 3 September 2012, lebih dari 200 amunisi ini ditemukan di ketinggian 3.200 di puncak gunung Agi de Nardis, di Trentino, Italia. Amunisi ini ditemukan di dalam gletser yang mencair akibat gelombang panas.
Amunisi ini pertama kali ditemukan oleh polisi penyelamat pegunungan Alpen di antara Pinzolo dan Madonna di Campiglio. Ratusan peledak tersebut diduga bekas peperangan antara tentara Austria-Hungaria dan Italia pada PD I antara tahun 1915 dan 1918.
Amunisi kaliber 85-100mm ini memiliki berat antara tujuh dan 10 kilogram. Ahli bahan peledak dikirim ke lokasi untuk memusnahkan amunisi-amunisi tersebut dengan aman.
Sisa-sisa Perang Dunia I dan II banyak ditemukan terserak di beberapa negara yang kala itu terlibat peperangan. Pekan lalu, bom sisa Perang Dunia II yang berdaya ledak tinggi ditemukan di Jerman. Karena rumitnya sistem pemicu pada bom buatan AS tersebut, aparat terpaksa meledakkannya.
Tidak selang berapa lama, bom sisa Perang Dunia II kembali ditemukan di Bandara Internasional Schippol, Belanda. Bom ditemukan di tengah-tengah bandara yang sedang direnovasi. Akibatnya, bandara terpaksa ditutup dan penerbangan banyak yang dibatalkan.
Sumber: http://dunia.news.viva.co.id/news/read/348532-ratusan-amunisi-sisa-pd-i-terkubur-dalam-es

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA