Rabu, 05 September 2012

Khasiat di Balik Kesegaran Semangka

Jadikanlah makanan menjadi obatmu… Kata-kata tabib Yunani kuno bernama Hippocrates itu begitu populer di dunia kedokteran. Ini yang mendorong para ilmuwan mencari tahu manfaat makanan bagi kesehatan tubuh.
Semangka salah satunya. Di balik kesegarannya sebagai santapan pelepas dahaga, buah berwarna merah dengan kandungan air cukup tinggi ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut di antaranya:
Efek viagra
Penelitian Universitas Texas A&M, AS, menunjukkan bahwa semangka memiliki kandungan citruline yang bermanfaat membuat pembuluh darah relaks dan memperlancar aliran darah. Kondisi ini otomatis berdampak pada performa ‘junior’.
Dr Bhimu Patel, yang memimpin penelitian itu, menambahkan, citruline yang masuk ke tubuh berubah menjadi asam amino bernama arginine. Asam amino ini akan meningkatkan kadar antioksidan dan melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Termasuk ke area intim yang tentu meningkatkan kemampuan ereksi pada pria.
Pereda Hipertensi
Studi percontohan di Florida State University menunjukkan kekuatan semangka sebagai senjata ampuh memerangi hipertensi. Asisten Profesor FSU, Arturo Figueroa, dan Profesor Bahram H Arjmandi, yang terlibat dalam studi, menemukan bahwa kandungan asam amino semangka mampu meningkatkan fungsi arteri dan menurunkan tekanan darah pada aorta.
Pelindung jantung
Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension menunjukkan senyawa alami semangka yang berperan “melebarkan” pembuluh darah. Ini bermanfaat meringankan kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
Menurut WHO Food, semangka juga kaya zat antioksidan dan likopen yang berperan menetralisasi radikal bebas, sekaligus mengoksidasi kolesterol. Kemampuan semangka mengoksidasi kolesterol yang menempel dinding pembuluh darah ini jelas menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.
Melawan infeksi
Semangka kaya kandungan vitamin A dan C, serta betakaroten yang mampu menjauhkan tubuh dari infeksi virus. Sementara kandungan citruline dalam buah ini juga efektif mempercepat penyembuhan luka. Bagian daging berwarna putih yang paling dekat kulit paling banyak mengandung citrulin. Jadi, jangan biasakan menyantap semanggi hingga ke lapisan daging berwarna putih.
Sumber: http://life.viva.co.id/news/read/348788-khasiat-di-balik-kesegaran-semangka

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA