Selasa, 11 September 2012

Gedung Mirip Celana di China Jadi Bahan Ejekan

Pemerintah China mengeluarkan kocek hingga triliunan rupiah untuk mendirikan gedung yang diprediksi akan menjadi ikon baru Tiongkok. Namun, harapan kejayaan sirna saat gedung itu menjadi bahan ejekan di media sosial.
Gedung Gate of The Orient di China yang mirip celanaGedung yang dinamakan The Gate of the Orient ini terletak di kota Suzhou, provinsi Jiangsu, China. Diberitakan Telegraph pekan ini, gedung ini digadang untuk menyaingi kedigdayaan Arc de Triomphe di Paris, Prancis.
Dengan tinggi 246 meter, gedung ini dibuat oleh perusahaan arsitektur asal Inggris RMJM dengan menghabiskan biaya hingga 4,5 miliar yuan atau setara Rp6,7 triliun. Gedung 74 lantai tersebut sedang dalam konstruksi dan rencananya akan rampung pada akhir tahun ini.
“Gate of The Orient adalah pintu masuk dramatis menuju kota Suzhou dan mewakili pentingnya negara China bagi dunia,” tulis RMJM.
Target muluk-muluk dan biaya yang besar yang dikeluarkan pemerintah China ternyata tidak mengesankan warga. Belum lagi kelar konstruksinya, Gerbang Timur ini menjadi bahan cemoohan masyarakat China di internet.
Kebanyakan mereka mengatakan bahwa alih-alih mirip gerbang, gedung itu mirip celana dalam panjang. “Ini gerbang atau celana dalam?” kata seorang pembaca koran Shanghai Daily.
“Ini harusnya dinamai Celana dari Timur, bukan Gerbang Timur,” kata seorang pengguna media sosial mirip Twitter, Weibo.
Seorang pengguna Weibo lainnya mengatakan enggan berjalan di bawah gerbang tersebut. “Berjalan di bawahnya seperti dipaksa merangkak di bawah kaki seseorang,” kata dia.
Pengguna Weibo lainnya mengatakan bahwa gedung ini adalah salah satu lagi bukti arsitektur aneh dari luar negeri yang laku dijual di China. “Desain yang tidak bisa terjual di luar negeri, bisa dijual di China dengan harga bagus,” tulis seseorang di Weibo.
Sumber: http://dunia.news.viva.co.id/news/read/350300-gedung-mirip-celana-di-china-jadi-bahan-ejekan

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA