Rabu, 05 September 2012

Data 12 Juta Pengguna Apple Milik FBI Diretas

Hacker telah merilis sebuah file yang mereka katakan berisi nomor identifikasi lebih dari satu juta pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch keluaran Apple. Mereka mengklaim memperoleh file dengan meretas komputer Biro Investigasi Federal (FBI) AS.
foto
Kelompok peretas, yang dikenal sebagai AntiSec – bagian dari kelompok peretas ternama Anonymous – memposting salinan dari file itu pada hari Minggu. Dalam sebuah pesan online, mereka mengaku memiliki total lebih dari 12 juta nomor identifikasi Apple dan data pribadi terkait gadget yang mereka miliki.
Mereka mengatakan memperoleh file dalam Maret itu pada Maret dengan meretas laptop FBI di New York.
Dalam pernyataannya, FBI mengakui laptop mereka pernah rusak dan data pribadi pengguna Apple di dalamnya terkena dampak. Namun mereka membantah data telah dicuri.
Perangkat pengidentifikasi unik Apple, yang dikenal sebagai Unique Device Identifiers (UDID), adalah kombinasi huruf dan angka untuk perangkat Apple. UDID tidak bernilai bagi peretas, namun jika digandengkan bersama-sama dengan data lain – nama, alamat e-mail, kode pos, tanggal lahir atau SIM, misalnya – mereka dapat digunakan untuk menyusun profil dari orang yang dapat digunakan untuk, katakanlah, menjawab pertanyaan secara online keamanan mereka. “UDID hanyalah tumpukan digit,” kata Jim Fenton, petugas keamanan kepala OneID. “Hanya berfungsi ketika digabungkan dengan informasi lainnya.”
Dalam pernyataan mereka, para hacker mengatakan bahwa mereka telah memperoleh file berisi “daftar 12.367.232 IOS perangkat Apple, termasuk (UDID), nama pengguna, nama perangkat, jenis perangkat, kode pos, nomor ponsel, alamat, dll.”
Para hacker mengklaim telah memperoleh file dari komputer Christopher K. Stangl, anggota Tim Cyber FBI. Seorang juru bicara untuk FBI tidak segera mengomentari pelanggaran yang dilaporkan, namun para ahli keamanan mengatakan file bisa diperoleh dari mana saja.
Sumber: http://www.tempo.co/read/news/2012/09/05/072427564

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA