Jumat, 28 September 2012

Awas Terjebak ‘Stres Digital’

Leher terasa pegal, mata lelah dan kering, lalu tangan pun rasanya tak bisa lepas dari ponsel pintar. Sudah begitu, tubuh sangat kelelahan dan otak tetap bekerja karena Anda terus memandangi layar ponsel.

Pertanda apa itu?

Itu pertanda kalau hidup Anda mulai terenggut dan Anda sedang mengalami “stres digital”. Tanda paling jelas adalah ini: Anda tak pernah mematikan ponsel, karena takut telat mengetahui informasi terbaru atau tak bisa dihubungi. Padahal, membiarkan ponsel mati pun Anda tetap bisa menikmati kehidupan.

Jangan biarkan hal ini terjadi dalam waktu lama. Cobalah empat cara berikut untuk mengurangi kecanduan dan ketergantungan Anda pada ponsel agar tak semakin stres.

Matikan ponsel sesampai di rumah

Jika selalu membuat diri “mudah diakses”, sebenarnya Anda mengundang masalah untuk datang. Cobalah sesekali matikan ponsel setelah sampai di rumah. Nikmati percakapan dengan orang rumah tanpa harus membagi perhatian dengan apa yang terjadi “di dunia lain”. Pikiran Anda pasti lebih fokus dan lelah pun berkurang.

Bertatap muka

Selama ini Anda mungkin lebih sering berkomunikasi lewat email, pesan singkat seperti YM, SMS, WhatsApp atau BBM. Kini, kembalilah ke cara lama, bisa dengan mengajak teman untuk bertatap muka atau mungkin meneleponnya. Pasti komunikasi jadi lebih hangat dan Anda tak perlu menunduk berlama-lama melihat layar ponsel untuk menyampaikan begitu banyak pesan

Pentingkah untuk selalu updated?

Membaca social media updates atau recent update tiap menit hanya akan membuat Anda lelah tanpa disadari. Terutama, jika Anda membaca update dari orang yang tak sukai atau yang isinya cuma memicu emosi Anda saja. Daripada membuat mata, emosi dan pikiran Anda bekerja sia-sia dengan melihat recent update, nikmati saja apa yang ada di depan mata Anda. Lebih nyata, bukan?

Jadi “unavailable”

Saat tidur ponsel pintar Anda berada di balik bantal atau di samping kepala? Tak tega meletakkannya di meja? Kondisi ini tanpa disadari bisa merusak keintiman Anda dengan pasangan. Para ahli, seperti dilansir Idiva, menyarankan untuk membuat diri Anda jadi tak bisa dihubungi dalam waktu tertentu. Mulailah dengan 30 menit atau satu jam, ini akan sangat baik bagi kondisi psikologis Anda, dan tentunya hubungan Anda dengan pasangan.

Sumber: http://life.viva.co.id/news/read/354788-awas–terjebak–stres-digital-

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA