Sabtu, 11 Agustus 2012

Malware “Gauss” Teror Baru Dunia Maya

Setelah program jahat (malware) Flame tiba-tiba menghilang dengan mengirimkan kode “bunuh diri”, kali ini para peneliti keamanan telah mengidetifikasi virus baru yang menyerang sekira 2500 komputer. Virus ini sebagian besar menyerang Timur Tengah dan Menyasar sejumlah bank di Lebanon.

virus Ialah peneliti di Kaspersky Lab, yang merupakan sebuah perusahaan keamanan Rusia mengatakan, virus ini mulai menginfeksi sejumlah kompuer pada September lalu. Demikian dilansir dari Huffingtonpost, Jumat (10/8/2012).

Melalui postingan di blog, para peneliti mengatakan, program jahat (malware) yang diberi julukan “Gauss” ini setara dengan tiga virus lain yang telah ditemukan di wilayah tersebut sejak 2009.

Setelah menganalisi kodenya, para peneliti menyimpulkan ada bentuk kolaborasi antara hacker pencipta Gauss dan Stuxnet. Seperti diketahui, Stuxnet merupakan senjata maya yang ditemukan pada 2009. Sejata maya tersebut digunakan untuk menyerang program nuklir Iran.

Menurut laporan The New York Times, Stuxnet diciptakan berkat kolaborasi serangan cyber yang dijalankan Amerika Serikat dan Israel pada masa pemerintahan Bush.

Namun misi Gauss berbeda dengan Stuxnet. Di mana Gauss ditagertkan ke bank Lebanon, serta pengguna Citibank dan Paypal. Sementara itu, Stuxnet menyasar program nuklir Iran.

Gauss dirancang bertindak seperti siluman yang mencuri data online perbankan dari berbagai sumber termasiuk jaringan sosial, email dan pesan instan. Para peneliti beranggapan Gauss diciptakan oleh hacker yang membuat malware Flame. Mereka beranggapan kode kedua malware tersebut memiliki kesamaan.

Sekadar informasi Flame menyerang ratusan komputer di Timur Tengah, mereka mencuri data dan memata-matai aktivitas online komputer yang terinfeksi. Namun beberapa waktu lalu Flame ditemukan tiba-tiba mengirim perintah untuk “bunuh diri”.
Sumber: Okezone

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA