Rabu, 08 Agustus 2012

Indonesia sebagai 5 Negara Terbesar Pengguna Twitter – dan apa artinya?

Banyak topik-topik yang hangat di Indonesia menjadi trending topic di Twitter. Artinya, topik itu menjadi berita hangat di Twitter yang diikuti oleh jutaan pengguna Twitter di seluruh dunia. Sebagai contoh kisah video mesum Ariel “Peter Pan” bisa di ketahui dunia bahkan masuk koran-koran ternama Amerika, Inggris dan Australia adalah karena menjadi trending topic di Twitter.
Mengapa topik-topik hangat Indonesia bisa menjadi trending topic di Twitter? Selidik punya selidik, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Semiocast, sebuah lembaga riset media sosial yang berpusat di Paris, Prancis, ternyata jumlah pemilik akun Twitter di negara ini merupakan yang terbesar kelima di dunia. Indonesia berada di posisi kelima dengan jumlah akun 19,5 juta, setelah disalip oleh Inggris Raya yang berhasil berada di posisi keempat dengan 23,8 juta akun. Sementara itu, posisi satu ditempati Amerika Serikat dengan 107,7 juta, posisi kedua diraih Brasil dengan 33,3 juta, dan Jepang di posisi ketiga dengan 29,9 juta akun.
Seperti yang tertulis dan dilaporkan oleh PC Mag, Kamis, 2 Februari 2012, hasil riset ini dilakukan terhadap 383 juta akun yang dibuat sebelum tahun 2012, dengan memperhitungkan kriteria seperti lokasi yang disebutkan dalam profil, zona waktu, bahasa yang digunakan saat mengirim tweet, serta lokasi GPS. Selain dari segi jumlah akun, pengguna Twitter di Indonesia juga lebih aktif dari rata-rata pengguna lain di dunia.
Pengguna Twitter Indonesia mencapai 20,8 persen dari seluruh pengguna internet di Indonesia, dan angka ini jauh lebih tinggi di banding banyak negara, bahkan data ini belum termasuk yang mengakses Twitter dari handphone atau warnet. Silakan cek table di bawah ini buat lengkapnya.
No. State/ Country Rating
1. Indonesia 20.8 %
2. Brazil 20.5 %
3. Venezuela 19.0 %
4. Netherlands 17.7 %
5. Japan 16.8 %
6. Philippines 14.8 %
7. Canada 13.5 %
8. Mexico 13.4 %
9. Singapore 13.3 %
10. Chile 13.2 %
Bukankah fakta ini cukup mengejutkan bahkan ini belum cukup menggembirakan karena Twitter belum terlalu jenuh dibandingkan Facebook yang udah mengalami serbuan penjual dan remaja-remaja dengan foto monyong dan tangan menunjuk entah ke mana atau penuh dengan update status yang nggak jelas. Twitter bahkan lebih sesuai dengan tuntutan jaman yang sibuk dan ingin serba instant, hanya 140 karakter, sehingga cepat di baca orang sekaligus.
Apakah artinya bagi usaha kita? Artinya, ada jutaan pengguna Twitter yang masih “perawan” dan belum tergali untuk di optimasi. Mereka adalah pengguna Twitter yang haus untuk mendapat informasi-informasi baru, pesan-pesan singkat dan bermakna yang juga siap mengikuti account following mereka. Belum lagi effect viral dari retweet dari tweet Twitter kita, yang memungkinkan message kita dilihat oleh ribuan orang seketika, hanye oleh sebuah pesan pendek.
Bayangkan jika kita bisa mendapat banyak twitter follower dan berinteraksi dengan mereka? Ada potensi tak terbatas bagi bisnis dan usaha kita. Artinya, jika kita memiliki banyak follower sama dengan memiliki aliran darah bagi bisnis kita yang memungkinkan bisnis kita tetap hidup karena terus menerus akan ada calon-calon pembeli baru yang siap memberikan “darah segar” bagi bisnis kita.
Ingatlah kebenaran ini, para pengguna internet ini tidak lagi menggunakan internet tapi mereka hidup di dalamnya, dan jumlah mereka terus bertumbuh semakin menggurita dan menjadi angka raksasa setiap hari nya.
Sudahkah saudara menyadarinya, memanfaatkan peluang ini dan mampu mengambil keuntungan didalamnya?
Ambil langkah pertama menggali massa raksasa ini dengan mengambil paket-paket follower kami, dan segera mulai bangun kerajaan bisnis raksasa saudara.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA