Senin, 06 Agustus 2012

Alarm Jantung Domba Bisa Peringatkan dari Serangan Serigala

Mengunakan domba itu sendiri untuk memperingatkan terhadap serangan mendadak serigala terhadap kawanan domba mungkin terdengar menggelikan. Namun uji coba sedang dilakukan di Swiss di mana para predator kerap kembali ‘mengunjungi’ mangsanya di peternakan dan ladang rumput.
Alarm Jantung Domba Bisa Peringatkan dari Serangan Serigala
“Ini kali pertama sistem tersebut dicoba di area terbuka,” ujar pakar biologi, Jean-Marc Landry, yang ikut terlibat dalam pengetesan. Uji coba dilakukan di kawasan pusat peternakan di Swiss pekan ini.
Dalam uji coba, seperti dilaporkan oleh kantor berita ATS, sekitar 10 domba, masing-masing dipasangi dengan alat monitor jantung. Kemudian mereka dihadapkan dengan dua ekor serigala yang sudah diberangus.
Selama eksperimen, perubahan di detak jantung para domba ditemukan sangat signifikan. Menurut pakar, perubahan itu cukup kentara hingga sangat mungkin bila hewan-hewan tersebut dipasangi kalung yang dapat melepaskan sistem penolak untuk membuat para serigala menyingkir, sekaligus mengirim sinyak kepada para penggembala.
Sumber: http://www.republika.co.id/berita/trendtek/sains/12/08/04/m88oxr-alarm-jantung-domba-bisa-peringatkan-dari-serangan-serigala

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA