Rabu, 06 Juni 2012

Google Akuisisi Meebo Rp 900 Miliar

 
Layanan pesan instan Meebo diakuisisi Google dan diterapkan di Google


KOMPAS.com - Saat ini, Google dengan layanan jejaring sosialnya Google+ memang bisa disebut masih kalah dengan pesaingnya, yaitu Facebook. Untuk memperkuat Google+, Google mengakuisisi Meebo.

Meebo sendiri adalah sebuah aplikasi pesan instan berbasis web. Meebo juga memiliki produk lain yang berupa Meebo Bar, serupa dengan social plugin yang bisa ditambahkan ke blog atau website.

Tidak berbeda fungsi dengan Google Talk, layanan Meebo merupakan salah satu aplikasi chatting. Namun aplikasi Meebo bisa langsung memadukan layanan pesan instan lainnya seperti Yahoo Messenger, ICQ, AIM, MySpaceIM, bahkan Facebook Messenger dalam satu aplikasi.

Awalnya, proses akuisisi ini tidak dijelaskan oleh Google secara gamblang. Juru bicara Google dan CEO Meebo Seth Sternberg pun sempat menolak berkomentar terkait akuisisi tersebut.

Namun dalam blog resmi Meebo menjelaskan bahwa Google telah membeli perusahaan startup asal Mountain View tersebut. Kabarnya, nilai transaksi pembelian Meebo mencapai 100 juta dollar AS atau mencapai Rp 943 miliar.

Sekadar catatan, tahun 2010 lalu nilai aset Meebo diprediksi mencapai 25 juta dollar AS. Saat ini, Mashable menyebut nilai aset Meebo telah mencapai 62,5 juta dollar AS. Sehingga dinilai wajar jika nilai akuisisi Meebo saat ini mencapai 100 juta dollar AS.

“Kami bangga mengumumkan jika Meebo saat ini telah menandatangani perjanjian akuisisi dengan Google. Selama lebih dari tujuh tahun kami membantu pengguna lebih berinteraksi sosial dan saling terhubung. Dengan Google, kami akan menjangkau pengguna lebih banyak lagi,” tulis Meebo di laman blog-nya.

Dalam blog tersebut juga dijelaskan bahwa layanan Meebo akan diintegrasikan dengan layanan situs jejaring sosial milik Google yaitu Google+.

"Kami selalu mencari cara lebih baik untuk membantu pengguna berbagi konten dan berhubungan dengan orang lain di web, sama seperti kehidupan nyata. Dengan keahlian tim Meebo di jejaring sosial, kami percaya akan cocok dengan tim Google Plus," kata Google.

sumber: http://kom.ps/AB7

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

harap komentar dengan sopan dan tidak mengandung SARA